WARNI, WARNI (2018) PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI ANAK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS IV DI SD NEGERI 4 KREBET JAMBON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi penerus yang berkualitas, berprestasi dan merupakan usaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Disinilah Peran Orang Tua terhadap prestasi anak dalam Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV DI SDN 4 Krebet ini sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi anak dalam hal pendidikan ilmu agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peran orang tua terhadap prestasi anak dalam Pendidikan Agama Islam pada kelas IV di SD Negeri 4 krebet. 2). Untuk mengetahui hambatan peran orang tua terhadap prestasi anak dalam Pendidikan Agama Islam pada kelas IV di SD Negeri 4 Krebet. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskrptif analisis, dengan alur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua terhadap prestasi anak dalam pendidikan agama Islam di SDN 4 Krebet ini sangatlah penting karena peran orang tua adalah sebagai orang pertama yang memberikan pendidikan, memberikan bimbingan serta membina anak-anak mereka untuk membentuk karakter anak yang baik sebelum anak belajar disekolah. Faktor-faktor penghambatya adalah kurangnya ilmu agama yang di kuasai orang tua, sulitnya orang tua membiasakan anak untuk belajar secara rutin, kondisi ekonomi yang kurang sehingga menghambat prestasi anak. Upaya yang dilakukan orang tua selalu berperan memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya seperti mengajak anak untuk sholat berjamaah kemasjid, mengaji, memberikan motivasi dan dukungan saat anak mendapatkan prestasi baik di sekolah maupun di sekolah TPA, orang tua juga ikut mengontrol dan mengawasi anak dalam pergaulan sehari-harinya, menjaga hubungan baik dengan pihak sekolah, selain itu orang tua juga belajar perlu menambah ilmu agama. Dengan adanya peran orang tua tersebut perubahan prestasi anak dalam pendidikan agama Islam menjadi lebih meningkat dan menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 07:56 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 07:56 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3840 |
Actions (login required)
View Item |