UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR`AN DI MADRASAH DINIYAH DARUSSALAM DESA KROWE KECAMATAN LEMBEYAN KABUPATEN MAGETAN

SURYANTO, IRWAN (2014) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR`AN DI MADRASAH DINIYAH DARUSSALAM DESA KROWE KECAMATAN LEMBEYAN KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB II - V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Al-Qur`an merupakan kitab suci umat Islam yang perlu dipelajari dan diamalkan bagi setiap umat Islam. Baca tulis Al-Qur`an merupakan hal yang wajib dipelajari oleh seluruh umat Islam terutama generasi muda dan anak-anak. Madrasah diniyah Darussalam merupakan madrasah yang memberikan pembelajaran baca tulis Al-Qur`an di lingkungan dukuh Krowe, Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan, yang mengedepankan pembelajaran Al-Qur`an dengan menjadikan anak-anak di lingkunganya bisa baca Al-Qur`an ketika anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar, menjadikan anak-anak mampu hafal banyak surat-surat pendek dan bisa bacaan sholat. Dari fenomena diatas, peneliti ingin mengetahui bagaimana sistem pendidikan di madrasah diniyah Darussalam?, problematika apa yang dihadapi oleh madrasah diniyah Darussalam dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur`an? dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh madrasah diniyah Darussalam dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an ? Penelitian pada sripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan dua subyek penelitian, diantaranya kepala madrasah diniyah Darussalam dan semua guru di madrasah diniyah Darussalam, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa keberadaan madrasah diniyah Darussalam merupakan aset yang baik bagi masyarakat sekitar dalam rangka mengentaskan buta huruf Al-Qur`an. Hal ini dapat diketahui dari sistem pendidikan bahwa tujuan awalnya adalah untuk menjadikan anak bisa baca tulis Al-Qur`an dengan baik dan benar, peningkatan kualitas baca tulis Al-Qur`an menjadi faktor utama yang meliputi, upaya peningkatan kualitas guru dengan cara, diikutkan pelatihan-pelatihan, diadakannya deres bersama, sharing permasalahan yang ada dikelas, studi banding. Sedang upaya peningkatan kualitas santri meliputi, santri diwajibkan mempelajari bacaannya berkali-kali sebelum dibaca di depan gurunya, diadakannya lomba kegiatan tartil, pidato dan lomba keagamaan lainya. Penambahan keilmuan santri dengan cara memberikan buku bacaan diluar buku pelajaran. Sedang upaya peningkatan kualitas pendanaan melalui pendanaan yang berasal dari pemerintah melalui program BPPDGS dan juga donator dari masyarakat serta sumbangan sukarela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 22 Apr 2014 03:21
Last Modified: 22 Apr 2014 03:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item