PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN STATISTIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs

MARTATIANINGSIH, ULFAH (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN STATISTIS SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
8. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika pada materi statistika yang valid, praktis, dan efektif dalam rangka untuk memfasilitasi penalaran statistis siswa kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan adalah: pengumpulan informasi, perencanaan, bentuk produk awal, uji lapangan tahap awal, revisi terhadap produk awal, uji coba utama, revisi produk operasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa pada uji coba tahap awal dan 12 siswa pada uji coba utama. Siswa yang dijadikan subjek pada penelitian ini adalah siswa Mts Darul Huda Ponorogo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul dan angket repon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari komentar, kritik, dan saran pada angket validasi ahli materi dan ahli media. Sedangkan data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari jawaban responden terhadap pertanyaan atau pernyataan yang tertulis pada angket validasi ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa. Berdasarkan uji lapangan tahap awal yang telah dilakukan oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 80,5% dan ahli media diperoleh hasil sebesar 79,6% serta angket respon siswa sebesar 80,3%. Selanjutnya uji lapangan utama hasil angket respon siswa sebesar 80,8%. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan pada kriteria sangat valid dan hasil angket respon siswa mendapatkan respon positif yaitu modul sudah baik untuk digunakan. Kata Kunci: Modul, statistika, penalaran statistis

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:45
Last Modified: 19 Apr 2018 05:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item