ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

NURWIYANA, LIA (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah Polya ditinjau dari minat belajar, 2) mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah Polya ditinjau dari minat belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Babadan kelas VII-A. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes tulis, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengelompokkan siswa kedalam tiga kategori minat belajar, yaitu minat belajar tinggi, sedang dan rendah. Tes tulis bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan digunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga kategori minat belajar sama-sama melakukan kesalahan didalam menyelesaikan masalah. Jenis kesalahan yang dilakukan yaitu kesalahan memahami masalah, kesalahan membuat rencana penyelesaian masalah, dan kesalahan memeriksa kembali jawaban. Faktor penyebab kesalahannya adalah tidak memahami maksud soal, tidak memahami materi prasyarat yang berkaitan dengan soal, tidak paham terkait konsep operasi bentuk aljabar, tergesa-gesa menjawab soal, tidak sepenuhnya mengaitkan apa yang diketahui di soal untuk membuat rencana penyelesaian masalah, lupa memeriksa kembali jawaban yang diperoleh dan rasa puas yang tinggi terkait jawaban yang diperoleh. Kata Kunci: Masalah Matematika, Langkah Polya, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 14:05
Last Modified: 19 Apr 2018 14:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item