ANDRIYANI, EKA (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Artikel ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan pengetahuan matematika, penalaran matematika, dan pembuktian matematika. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi fokus masalah yang diteliti pada penelitian ini, dengan tujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, (2) mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas VIII I SMP N 5 Kecamatan Ponorogo.Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu tes dan non tes. Metode tes menggunakan instrumen yang mencangkup tes kemampuan dasar (TKD), tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan angket. Metode non tes terdiri dari audio, video dan dokumentasi dengan instrumen jurnal catatan lapangan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik analisis triangulasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa, faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek guru dan siswa sebagai berikut: (1) pertanyaan yang dilontarkan guru tidak memancing siswa untuk bertanya atau berpendapat, (2)guru belum mampu melakukan improvisasi materi sehigga materi terkesan sulit dipahami, (3) guru masih melakukan deskriminasi terhadap siswa dalam pembelajaran, (4) pembelajaran yang di berikan oleh guru belum merata, sehingga siswa yang tertinggal materi tidak antusias lagi untuk memperhatikan, (5)kurangnya kemauan dan kesiapan siswa untuk belajar matematika, (6) siswa masih takut dalam mengungkapkan pendapat dan maju kedepan, dan (7) motivasi dan antusias siswa dalam belajar sangat kurang. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan hasil tes diperoleh hasil sebesar 8% berada pada tingkat berpikir kritis TBK 0, 69% pada tingkat TBK 1, 23% berada pada TBK 2, dan 0% siswa yang berada pada tingkat berpikir kritis TBK 3. Kata Kunci: Analisis faktor, kemampuan berpikir kritis, berpikir kritis matematis siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 02:11 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 02:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3903 |
Actions (login required)
View Item |