PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII

ARRIJAL A’NA, TAKRIM (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Matematika, Universitas Muhamadiyah Ponorogo, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis saintifik pada materi lingkaran SMP/MTs kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas valid, praktis, dan efektif dari media pembelajaran berbasis saintifik pada materi lingkaran SMP/MTs kelas VIII terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Sugiyono Lavel 4. Langkah-langkah pengembangan terdiri dari: potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, rancangan produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, dan revisi produk 1. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 validator untuk uji kevalidan produk dan 20 siswa MTs Ma’arif Al-Mukarrom Sumoroto untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan soal pre-test post-test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dari hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Kevalidan produk dari hasil validator ahli media diperoleh persentase 79,1% dan validator ahli materi diperoleh rerata 93,75%. Kualitas kepraktisan produk dari hasil angket respon siswa diperoleh persentase 83,1%. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa rerata nilai posttest lebih baik daripada rerata nilai pretest. Dari ketiga hal diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Pengembangan media, Geogebra, Lingkaran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 20 Apr 2018 03:57
Last Modified: 20 Apr 2018 03:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item