Novia, Permatasari (2018) INTEGRASI MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI UNTUK MENJELASKAN KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SISTEM INFORMASI DEBITUR (SID). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (841kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan Sistem Informasi Debitur (SID) pada lembaga keuangan di bawah pengawasan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Kediri dengan menggunakan model Kesuksesan Sistem Informasi dari DeLone dan McLean (1992) dan model Penerimaan Teknologi dari Davis (1988). Penelitian ini mengintegrasi variabel kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kepuasan pengguna akhir dari model Kesuksesan Sistem Inormasi, serta variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan menggunakan dari model Penerimaan Teknologi. Pengujian dilakukan untuk mengetahui masing-masing pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan lembaga keuangan pengguna SID, sampel dalam penelitian ini sebanyak 166 karyawan lembaga keuangan. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat uji analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, semakin tinggi kualitas sistem SID semakin tinggi manfaat yang dirasakan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya. Kualitas sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan menggunakan, semakin tinggi kualitas dari SID maka pengguna semakin merasakan kemudahan menggunakan sistem tersebut. Kualitas sistem informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir, SID sebagai sistem yang berkualitas secara kegunaan dan kemudahan menggunakan tidak dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, informasi yang dihasilkan SID berkualitas karena informasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan pengguna sebagai dasar pengambilan keputusan. Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan menggunakan, SID menghasilkan informasi yang berkualitas melalui kepercayaan pengguna bahwa informasi tersebut mudah dipahami dan diolah kembali. Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir, informasi yang berkualitas dari SID dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Persepsi kemudahan menggunakan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, semakin tinggi kemudahan pengguna menggunakan SID dapat berguna meningkatkan produktivitas dan kinerja pengguna. Persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir, semakin tinggi kepercayaan atas manfaat SID semakin puas pengguna mengandalkan SID. Persepsi kemudahan menggunakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir, SID mampu menyajikan keluaran yang mudah untuk digunakan sehingga pengguna merasa puas menggunakan sistemnya. Kata kunci : kualitas sistem informasi, kualitas informasi, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan menggunakan, kepuasan pengguna akhir
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Editor FE |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 07:49 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 07:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4018 |
Actions (login required)
View Item |