MODEL PENANAMAN AKHLAK BERBASIS BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SDIT AS-SYAFI’IYAH KENDAL BLEMBEM JAMBON PONOROGO)

ANIS, MUBAROK HABIBULLOH (2018) MODEL PENANAMAN AKHLAK BERBASIS BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SDIT AS-SYAFI’IYAH KENDAL BLEMBEM JAMBON PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
h. Lampiran.pdf

Download (428kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Mubarok Habibulloh, Anis. 2018. Model Penanaman Akhlak Berbasis Budaya Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SDIT As-Syafi’iyah Kendal Mlembem Jambon Ponorogo. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Nurul Abidin, M.Ed Kata Kunci : Akhlak, Budaya, Membaca Al-Qur’an SDIT As-syafi’iyah Kendal Jambon Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengimplementasikan pentingnya penanaman akhlak dalam proses pendidikan. Sekolah Dasar Islam Terpadu ini sudah menerapkan budaya membaca Al-Qur’an sejak awal berdiri. Untuk mengatasi permasalahan akhlak pada siswa, SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo ini melakukan penanaman akhlak melalui budaya membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : Untuk mengetahui penerapan budaya membaca Al-Qur’an siswa di SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo, model penanaman akhlak berbasis budaya membaca Al-Qur’an siswa, faktor penghambat dan pendukung model penanaman akhlak berbasis budaya membaca al-qur’an Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semuanya digunakan untuk Model Penanaman Akhlak Berbasis Budaya Membaca Al-Qur’an Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : (1) Penerapan budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-syafi’iyah dilaksanakan setiap hari jam 06.30 sampai jam 07.00 sebelum dilaksanakan bina nafsiyah dan jam pelajaran dimulai. Sedangkan pelaksanaan metode atau cara penerapan budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-syafi’iyah dengan sistem sorogan yaitu siswa membaca Al-Qur’an dengan cara satu persatu langsung menghadap guru. Budaya membaca Al-Qur’an dapat membentuk anak untuk menjadi anak yang berakhlak baik, berbudi pekerti bagus, sopan dan santun, serta menjadi anak yang shaleh. (2) Model penanaman akhlak berbasis budaya membaca al-qur’an di SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo melalui : Ibadah, larangan atau perintah (Amar Ma’ruf Nahi Munkar), memberi nasehat, dan memberi teladan. (3)Faktor pendukung model penanaman akhlak berbasis budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-sysfi’iyah yaitu: mentoring, monitoring, kegiatan pendung keagamaan serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah wali murid yang kurang bekerja sama dengan pihak sekolah, adanya kecanggihan teknologi yang mengganggu proses belejar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:06
Last Modified: 03 Oct 2018 06:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item