PENGARUH PENGELOMPOKAN KELAS (UNGGULAN DAN NON UNGGULAN) TERHADAP PRESTASI SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2017/2018

ADITYA, PUTRA PERDANA (2018) PENGARUH PENGELOMPOKAN KELAS (UNGGULAN DAN NON UNGGULAN) TERHADAP PRESTASI SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Perdana, Aditya Putra. 2018. Pengaruh Pengelompokan Kelas (Unggulan dan Non Unggulan) Terhadap Prestasi Siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Nurul Abidin, M.Ed. Kata kunci : Pengelompokan kelas, Prestasi belajar siswa Pendidikan merupakan hal terpenting yang harus didapatkan oleh setiap anak, baik pendidikan formal maupun non formal. Sekolah merupakan salah satu tempat untuk anak mendapatkan pendidikan yang formal. Pendidikan yang didapat di sekolah nantinya dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi anak sebagai peserta didik. Sekolah juga memiliki banyak cara atau metode dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya, salah satunya melalui pola pengelompokan kelas. Metode yang tepat digunakan di sekolah maka akan menghasilkan prestasi yang baik pula dalam memajukan kualitas sekolah tersebut. Metode ini juga dilakukan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Hal tersebut yang membuat peneliti melakukan penelitian disana. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelompokan kelas di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, untuk mengetahui prestasi siswa berdasarkan pengelompokan kelas dan ada tidaknya pengaruh antara pengelompokan kelas terhadap prestasi siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX Mts Muhammadiyah 3 Yanggong yang berjumlah 75 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan berbagai macam teknik pengumpulan data dan melalui analisis data yaitu analisis regresi linier menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari pengelompokan kelas terhadap prestasi siswa pada kelas unggulan dan tidak ada pengaruh yang signifikan dari pengelompokan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada kelas non unggulan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:12
Last Modified: 03 Oct 2018 06:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item