STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMK 1 PEMDA KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

IMAM, ROHMAD (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMK 1 PEMDA KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (647kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Imam Rohmad 2018, Strategi Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMK 1 PEMDA Balong Ponorogo. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Katni, M.Pd.I (2) Anip dwi Saputra, M.Pd.I Kata kunci : 1. Strategi guru PAI 2. Kenakalan siswa Salah satu SMK yang berbasis pesantren adalah SMK 1 PEMDA Balong . Yaitu merupakan suatu lembaga pendidikan menengah kejuruan ala pesantren yang mendidik para siswa untuk berkarya dan mendidik para siswa sesuai dengan petunjuk Allah SWT dan tuntunan Rosulullah SAW. Dalam aplikasinya Sekolah Menengah Kejuruan 1 PEMDA diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa, mengetahui hasil penanggulagannya dan faktor penghambat dan pendukung yang dilaksanakan di SMK 1 PEMDA Balong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Yaitu analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan ; (1)Strategi Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa dengan menerapkan 5S yaitu Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun dan didukung juga budaya saling menghormati, budaya sholat dhuha dan mengaji Alqur’an yang diterapkan siswa selama di sekolah. .(2) Hasil penanggulangan kenakalan siswa sudah banyak perubahan dilihat dari yang sebelumnya suka berkelahi, bleyer-bleyer ketika naik motor sudah berubah pribadi yang lebih baik (3) Dari semua program yang sudah dijalankan ada beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam menanggulangi kenakalan siswa faktor penghambat diantaranya : a. Kedua orang tuanya pisah atau cerai sehingga tidak ada pendukung dari keluarga selain dari sekolah b. Orang tuanya disibukkan dengan pekerjaan masing-masing sehingga tidak ada waktu yang diluangkan untuk anaknya c. Orang tua yang terlalu lama kerja di luar negeri sehingga kurang peduli dengan kehidupan anak d. Faktor keturunan orang tua Adapun pendukung dari Strategi Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa ialah Orang tua yang selalu peduli dengan anaknya, adanya kasih sayang orang tua, pendidikan anak dengan ilmu agama.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:28
Last Modified: 03 Oct 2018 06:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item