IMPLEMENTASI PENDIDKAN AQIDAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-BAROKAH PURWANTORO WONOGIRI

LATIP, TRIWIDODO (2018) IMPLEMENTASI PENDIDKAN AQIDAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-BAROKAH PURWANTORO WONOGIRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Latip Triwidodo, 2018. Implementasi Pendidikan Aqidah dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Katni, M.Pd.I (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Aqidah, Kesadaran beribadah Pendidikan aqidah di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro Wonogiri sangat ditekankan dan diprioritaskan kepada siswanya. Sehingga para siswa di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro Wonogiri cukup baik Aqidahnya. Para siswa sadar untuk melaksanakan ibadah seperti membaca al-Qur’an, shalat lima waktu berjamaah, shalat dhuha, dan berakhlak mulia hal ini ditunjukkan dengan mereka suka berbagi hadiah kepada teman, menjenguk teman yang sakit, mengucapkan salam ketika bertemu guru dan yang lainnya merupakan buah dari aqidah yang kuat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Aqidah dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa, mengetahui hasil pendidikan aqidah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengann metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pendidikan Aqidah di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro meliputi dauroh atau pembinaan guru, pembinaan siswa dan menciptakan lingkungan yang islami. Pembinaan guru meliputi adanya kajian-kajian setiap satu bulan sekali sehingga menghasilkan aqidah yang benar dan mampu bekerja sama dalam pembinaan siswa. Kemudian pembinaan siswa meliputi pembelajaran di kelas, mengadakan mabit untuk menambah materi aqidah sehingga siswa menjadi anak yang beraqidah benar dan selalu taat dalam beribadah. Yang dimana di dalamnya mengajarkan tauhid seperti tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah dan asma’ wa sifat. Memulai pembelajaran dengan doa-doa, kemudian pengenalan rukun iman dan Islam beserta siapa yang wajib di imani dan cara beribadahnya. Penciptaan lingkungan yang islami yang meliputi adanya fasilitas yang memadahi seperti masjid untuk menerapkan kegiatan peribadatan, ustadz-ustadzahnya selalu berpakaian yang islami dan memberikan contoh dalam hal beribadah, lingkungan sekitar yang mendukung. Untuk faktor pendukungnya yaitu di sekolah Madrasah Ibtida’iyah ustadz dan ustadzahnya satu fikroh jadi lebih mudah untuk menerapakan pendidikan aqidah dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswanya, mempunyai fasilitas yang memadahi seperti masjid untuk melaksanakan kegiatan beribadah, orang tua yang selalu ikut berperan untuk memantau anaknya dalam beribadah ketika dirumah. Faktor penghambatnya yaitu faktor orang tua yang kurang mendukung dalam memotivasi anak untuk menerapakan aqidah dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:35
Last Modified: 03 Oct 2018 06:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item