PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PENGGUNAAN ZAT PENYEDAP DAN PENGUAT CITA RASA Di RT 01 RW 02 Desa Kertosari Babadan Ponorogo

Aminuddin, Aminuddin (2013) PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PENGGUNAAN ZAT PENYEDAP DAN PENGUAT CITA RASA Di RT 01 RW 02 Desa Kertosari Babadan Ponorogo. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (420kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kebutuhan masyarakat untuk menciptakan masakan dengan cita rasa yang gurih serta aroma yang lezat, menyebabkan terjadinya peningkatan akan kebutuhan bahan tambahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Bahan tambahan makanan ini dikenal dengan penyedap rasa. Penyedap rasa merupakan zat aditif makanan yang dapat memberikan, menambah, atau mempertegas rasa dan aroma. Pemakaian zat penyedap dan penguat cita rasa ini jika tidak sesuai batasan yang ada akan berdampak karsinogenik dan berdampak negatif bagi tubuh manusia. Sehingga dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang zat penyedap dan penguat cita rasa serta sikap yang positif pada ibu. Penelitian analisis ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan pengetahuan dan sikap ibu dalam penggunaan zat penyedap dan penguat cita rasa di RT 01 RW 02 Desa Kertosari Babadan Ponrogo. Desain penelitian adalah Purposive Sampling desain. Populasi penelitian adalah sebagian ibu yang ada di RT 01 RW 02 Desa Kertosari Babadan Ponrogo. Sejumlah 50 responden yang sesuai dengan kriteria diambil untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan instrumenya kuisioner. Teknik analisa data menggunakan uji statistik Chi-Square (x2) dengan taraf signifikasi P < 0,05. Dari hasil penelitian terhadap 50 responden, menunjukkan bahwa ibu yang berpengetahuan tentang zat penyedap dan penguat cita rasa yang baik sejumlah 62%, sedangkan yang bersikap positif sebesar 70%, yang diuji menggunakan uji statistik Chi-Square, dengan hasil x2 hitung =11.34 dan x2 tabel = 3,841 dengan taraf signifikasi 0,05. Ada hubungan pengetahuan dan sikap ibu dalam penggunaan zat penyedap dan penguat cita rasa di RT 01 RW 02 Desa Kertosari Babadan Ponorogo. Dengan penelitian ini maka akan diketahui pengetahuan dan sikap ibu dalam penggunaan zat penyedap dan penguat cita rasa. Kata Kunci : pengetahuan, sikap, zat penyedap dan penguat cita rasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 23 Apr 2014 03:45
Last Modified: 23 Apr 2014 03:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item