KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI QUR’AN HADIS DI MI NURUL HUDA GROGOL

LINA, EKA KHOIRIYAH (2018) KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI QUR’AN HADIS DI MI NURUL HUDA GROGOL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I lina.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Bab II atas REVISI.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB III ATAS revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV atas revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V ATAS - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Eka Lina, Khoiriyah, “Korelasi antara Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode WAFA dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Qur’an Hadis di Mi Nurul Huda Grogol” Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2018. Kata Kunci: Metode WAFA, Prestasi Qur’an Hadis Pembelajaran al-Qur’an metode WAFA merupakan metode yang lebih mengutamakan otak kanan, komprehensif, menyenangkan bersifat enjoy sehingga secara tidak sengaja mendapatkan pelajaran yang bermakna, dan penyampaian materinya mencakup tiga modalitas yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Selain itu pembelajaran menarik diiringi dengan irama lagu/nyanyian, gerakan, tepukan, dan imajinasi. Metode WAFA menggunakan nada hijaz sehingga mudah diterima dan diingat siswa. Melalui bentuk penyampaian tersebut menjadikan siswa bersemangat. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol. 2) Mengetahui prestasi belajar siswa bidang studi Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Grogol 3) Mengetahui terjadinya korelasi antara pembelajaran al-Qur’an metode Wafa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolahan data yang mengunakan SPSS 18 Korelasi Product Moment. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Selanjutnya panyajian data, uji hipotesis, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian skripsi ini membuktikan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode WAFA yang dilaksanakan di MI Nurul Huda Grogol sangat menyenangkan. 2) Siswa mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan saat evaluasi Qur’an Hadis baik ulangan harian, hafalan, tugas kelompok, maupun ulangan semester. Siswa dapat menjawab pertanyaan guru secara spontan dengan benar dan tepat sebelum pelajaran dimulai 3) Terdapat korelasi antara pembelajaran al-Qur’an Metode WAFA dengan prestasi belajar bidang studi Qur’an Hadis siswa MI Nurul Huda Grogol memalui sampel 60 siswa dengan nilai signifikan variabel X 0,012 dan variabel Y 0,012, dan nilai persentase korelasi sebanyak 32,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:40
Last Modified: 03 Oct 2018 06:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item