STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MALAM BINA IMAN DAN TAKWA (MABIT) DI MA MUHAMADIYAH BANDAR PACITAN

NUR, HANIFAH (2018) STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MALAM BINA IMAN DAN TAKWA (MABIT) DI MA MUHAMADIYAH BANDAR PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Gejala-gejala moral bangsa ini sungguh memprihatinkan. Karena remaja adalah masa depan orang tua dan bangsa ini. Oleh karenanya sebuah pendidikan yang dapat mengubah moralitas remaja bangsa ini kearah yang lebih baik. Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, dari hal-hal yang kecil hingga persoalan yang besar sekalipun. Namun remaja di MA Muhammadiyah Bandar Pacitan memiliki akhlak yang baik dan setelah peneliti telusuri itu semua dampak dari program ekstrakulikuler MABIT. atas dasar itulah peneliti tertarik meneliti program exstrakulikuler MABIT di MAMuhammadiyah Bandar Pacitan. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini, diantaranya adalah untuk mengetahui pelaksanaan program MABIT di MA Muhammadiyah Bandar, untuk mengetahui strategi sekolah dalam meningkatkan akhlak peserta didik melalui program exstrakulikuler MABIT di MA Muhammadiyah Badar, serta mengetahui hasil pelaksanaan program exstrakulikuler MABIT terhadap akhlak peserta didik di MA Muhammadiyah Bandar. Peneliti menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala sekolah, pembimbing MABIT, guru kelas, wali murid, dan peserta didik. dalam menganalisis peneliti menggunakan langkah-langkah analisi data menurut Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data atau verivikasi, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil deskriptif penelitian ini adalah : peserta didik mulai sering melaksanakan sholat sunnah dhuha tanpa harus diperintah, sering melaksnakan sholat wajib, taat terhadap orang tua, sering membantu orang tua tanpa harus diperintah terlebih dahulu, sering menyapa guru, selalu mendengarkan pelajaran yang diberikan guru, sering memakai rok, jilbab, dan pakaian panjang bagi yang putri dan tidak pernah berpakaian yang bertentangan dengan syariat islam bagi yang laki-laki. Kata kunci : Strategi sekolah, akhlak peserta didik, dan MABIT

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:50
Last Modified: 03 Oct 2018 06:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item