MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK BERBASIS HALAQAH TARBIYAH DI SMA IT DARUT TAQWA BUNGKAL PONOROGO

SITI, MUTI’AH (2018) MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK BERBASIS HALAQAH TARBIYAH DI SMA IT DARUT TAQWA BUNGKAL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (883kB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
h. Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Siti Muti’ah, 2018. Manajemen Pembinaan Akhlak Peserta Didik Berbasis Halaqah Tarbiyah di SMA IT Darut Taqwa Bungkal. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Nuraini, M.Pd.I, Pembimbing (II) Rohmadi, M.P.I Kata kunci : Manajemen, Pembinaan Akhlak, Halaqah Tarbiyah Perkembangan zaman dengan kemajuan tehnologi telah membuat kehidupan mengalami perubahan yang signifikan, hingga terjadi melemah dan menurunnya akhlak dan sosial budaya yang cenderung kepada pola kehidupan yang bebas dan menyimpang dari ajaran Islam. Halaqah Tarbiyah di SMA IT Darut Taqwa Bungkal dapat menjadi solusi dalam pembinaan akhlak. SMA IT Darut Taqwa Bungkal merupakan sekolah Islam yang memiliki sarana pendidikan yakni halaqah tarbiyah yang mendukung terbentuknya generasi Islam yang berakhlak mulia. Kegiatan halaqah telah berlangsung sejak awal Darut Taqwa berdiri. Pengelolaan manajemen yang baik merupakan faktor utama sebagai pendukung kegiatan halaqah tetap berlanjut sehingga mencapai tujuan yakni tercapainya 10 muwashofat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui manajemen pembinaan akhlak peserta didik berbasis halaqah tarbiyah di SMA IT Darut Taqwa Bungakal Ponorogo 2) Untuk mengetahui implikasi halaqah tarbiyah dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMA IT Darut Taqwa Bungkal Ponorogo 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik berbasis halaqah tarbiyah di SMA IT Darut Taqwa Bungkal Ponorogo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini maka diperoleh kesimpulan bahwa manajemen pembinaan akhlak peserta didik berbasis halaqah tarbiyah di SMA IT Darut Taqwa meliputi perencanaan pembuatan program kegiatan mingguan yaitu liqo’ program bulanan yaitu jalasah ruhiyah dan program tahunan yaitu mukhoyam dan muaskar, pembagian mutarobbi dan murobbi menjadi kelompok kecil, penentuan pelaksanaan kegiatan, pengorganisasian sesuai dengan bidang masing - masing, pelaksanaan yang terus aktif berjalan, pengawasan yang terus menerus dilakukan. Adapun implikasi halaqah tarbiyah dalam pembinaan akhlak meliputi bertambahnya ilmu, waktunya lebih bermanfaat, saling mengakrabkan dan mempererat tali silaturahmi antara teman dan guru. Faktor pendukungnya semua peserta didik bertempat tinggal di asrama maka dari itu lebih mudah dalam pengawasannya. Faktor penghambatnya karena banyaknya kegiatan pondok yang bersamaan dengan kegiatan halaqah dan banyaknya kegiatan murobbi di luar pondok dan telat datang pada waktu kegiatan halaqah sehingga kegiatan halaqah berlangsung kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:58
Last Modified: 03 Oct 2018 06:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item