PENGARUH METODE PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI LEAFLET DENGAN MOTIVASI MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR Di Ruang Flamboyan Rsud dr Harjono. S Ponorogo

Kurniawan, Budi (2013) PENGARUH METODE PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI LEAFLET DENGAN MOTIVASI MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR Di Ruang Flamboyan Rsud dr Harjono. S Ponorogo. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
SAMPUL KTI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Fraktur atau patah tulang adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang atau tulang rawan yang umumnya disebabkan oleh rudapaksa. Fraktur harus segera dilakukan mobilisasi secara dini untuk mencegah terjadinya mengalami kelainan dalam penyembuhan tulang, gangguan dalam beraktifitas akibat kekakuan otot, dan terjadinya luka dekubitus. Dengan memiliki motivasi yang tinggi, maka angka masalah dan kelainan penyembuhan yang disebabkan oleh kurang mobilisasi dapat dicegah sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Leaflet Dengan Motivasi Mobilisasi Dini Pada Pasien Post Operasi Fraktur Di Ruang Flamboyan Rsud dr Harjono. S Ponorogo. Desain penelitian ini adalah pra eksperimental desain. Populasi dalam penelitian adalah Seluruh pasien Post Operasi Fraktur di ruang Flamboyan RSUD Dr Harjono. S Ponorogo tahun 2012 pada minggu ke 3 sampai dengan ke 4 bulan Januari 2013 sebanyak 24 responden.Metode penelitian menggunakan Consecutive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner di bagikan pada pasien post operasi sebelum diberi leaflet dan sesudah diberi leaflet di ruang Flamboyan RSUD Dr Hardjono Ponorogo. Dari hasil penelitian dari 24 responden Sebelum diberi Pendidikan Kesehatan dengan metode Leaflet pada Pasien Post Operasi Fraktur didapatkan sebagian besar 16 responden atau (66,7%) bermotivasi rendah, dan hampir setengahnya 8 responden atau (33,3%) bermotivasi tinggi, dan Sesudah diberi Pendidikan Kesehatan Leaflet pada Pasien Post Operasi Fraktur didapatkan sebagian besar 14 responden atau (58,3%) bermotivasi tinggi, dan hampir setengahnya 10 responden atau (41,7%) bermotivasi rendah. Berdasarkan uji wilcoxon diperoleh Z hitung 2,3 dan Z tabel 0,4906 sehingga Z hitung lebih besar dari Z tabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti Ho ditolak berarti ada pengaruh metode pendidikan kesehatan melalui leaflet dengan motivasi mobilisasi pada pasien post operasi fraktur. Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti tentang pelaksanaan pasien tentang mobilisasi post operasi fraktur Kata Kunci : Motivasi, Fraktur, mobilisasi,Leaflet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 23 Apr 2014 03:48
Last Modified: 23 Apr 2014 03:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item