RENITA, SETYANINGRUM (2018) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER JUJUR MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN SEKOLAH DI MI TERPADU AL MADINAH BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (986kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (523kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (432kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Renita Setyaningrum, Nurul Iman Pembimbing I, Ayok Ariyanto Pembimbing II. 2018. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Melalui Program Pembiasaan Sekolah Di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam membentuk anak-anak generasi penerus bangsa yang bermutu dan berkualitas. Sebagai seorang guru harus memiliki kemampuan dan sikap profesional yang tinggi, sehingga mampu dalam mendidik siswa menjadi anak yang berfikir kritis dan berkemajuan. Tugas guru tidak hanya mendidik siswa menjadi pandai dalam hal kognitif, akan tetapi juga memiliki karakter/berkepribadian yang baik. Karakter merupakan salah satu sifat alami seseorang dalam merespon situasi secara bermoral. Sifat alami itu direalisasikan dalam tindakan nyata melalui tingkah laku serta tindak tanduk yang baik, berkata dan berbuat jujur, bertanggungjawab, menghormati orang lain dan karakter mulia lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pelaksanaan program pembiasaan sekolah, pendidikan karakter, serta peran program dalam menumbuhkan karakter jujur di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembiasaan sekolah, pendidikan karakter serta peran program pembiasaan sekolah dalam membentuk dan menumbuhkan karakter jujur pada peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah terkumpul maka disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan sekolah yang diterapkan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter jujur peserta didik. Begitu juga dengan peran guru yang menjadi salah satu faktor penentu terbentuknya karakter jujur pada peserta didik. Program pembiasaan yang digunakan untuk menumbuhkan karakter jujur di MI Terpadu Al Madinah Balong Ponorogo yaitu, kantin kejujuran, antri makan/wudhu, sharing kegiatan keseharian serta ujian tanpa diawasi. Kata Kunci: Program pembiasaan, Pendidikan karakter, Peran guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 01:02 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 01:02 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4209 |
Actions (login required)
View Item |