YUNDRIYA, RIKAWATI (2018) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI DI MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
b. BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
c. BAB II.pdf Download (485kB) |
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
g. Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) |
|
Text
h. lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rikawati, Yundriya. 2018, Analisis Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Ummi Di Mi Ma’arif Panjeng Jenengangan Ponorogo". Skripsi. Fakultas Agama Islam Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA (2) Rohmadi, M.P.I Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran al-Qur’an, Metode Ummi. MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo melakukan hal yang unik dalam menerapkan pendidikan karakter yaitu melalui pembelajaran metode Ummi. dengan mempelajari al-Qur’an metode Ummi membantu siswa untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter, sehingga siswa mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan masyrakat. Peneliti ini terfokus pada massalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, 2) Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan yang terdapat pada pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, 3) Bagaimana Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) Proses pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo sudah berjalan dengan baik dikarenakan dilaksanakan 60 menit empat kali pertemuan dalam satu minggu, materi yang diajarkan berupa buku enam jilid, tajwid, gharib, dan buku prestasi sebagai tolak ukur kemampuan siswa. 2) Nilai-NilaiPendidikan yang terdapat pada pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo diantaranya: Menajemen yang bermutu, tahapan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, ketuntasan belajar yang konsisten, waktu yang memadahi. 3) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi diantaranya: karakter religius, disiplin, kerja kreatif, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingin tau.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 01:11 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 01:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4213 |
Actions (login required)
View Item |