ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI DI MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONROGO

YUNDRIYA, RIKAWATI (2018) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI DI MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
h. lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Rikawati, Yundriya. 2018, Analisis Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Ummi Di Mi Ma’arif Panjeng Jenengangan Ponorogo". Skripsi. Fakultas Agama Islam Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA (2) Rohmadi, M.P.I Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran al-Qur’an, Metode Ummi. MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo melakukan hal yang unik dalam menerapkan pendidikan karakter yaitu melalui pembelajaran metode Ummi. dengan mempelajari al-Qur’an metode Ummi membantu siswa untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter, sehingga siswa mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan masyrakat. Peneliti ini terfokus pada massalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, 2) Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan yang terdapat pada pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, 3) Bagaimana Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) Proses pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo sudah berjalan dengan baik dikarenakan dilaksanakan 60 menit empat kali pertemuan dalam satu minggu, materi yang diajarkan berupa buku enam jilid, tajwid, gharib, dan buku prestasi sebagai tolak ukur kemampuan siswa. 2) Nilai-NilaiPendidikan yang terdapat pada pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo diantaranya: Menajemen yang bermutu, tahapan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, ketuntasan belajar yang konsisten, waktu yang memadahi. 3) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran al-Qur’an melalui metode Ummi diantaranya: karakter religius, disiplin, kerja kreatif, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingin tau.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:11
Last Modified: 08 Oct 2018 01:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item View Item