DYAH, AYU YOGI ASTIWI (2018) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 10 PONOROGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (616kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 10 Ponorogo, (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 10 Ponorogo pada pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen angket motivasi. Lembar observasi diberikan pada observer pada tiap pertemuan. Angket motivasi diberikan diawal siklus 1 dan diakhir siklus. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah penemuan terbimbing, dengan perbaikan pada siklus 2 yaitu pembagian kelompok diacak pada tiap pertemuan, meminta siswa berkonsentrasi selama diskusi kelompok, dan memotivasi serta membimbing siswa agar berani maju mengerjakan didepan kelas. Dari perbaikan tersebut hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa pada masing-masing indikator motivasi belajar. Hasil peningkatan persentase motivasi masing-masing indikator pada akhir siklus 1 dan siklus 2, adalah untuk indikator Adanya hasrat dan keinginan berhasil meningkat dari 66% ke 73%. Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar meningkat dari 58% ke 70%. Adanya harapan dan cita-cita masa depan meningkat dari 61% ke 72%. Adanya penghargaan dalam belajar meningkat dari 68% ke 76%. Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar meningkat dari 68% ke 74%. Adanya lingkungan belajar yang kondusif meningkat dari 66% ke 76%. Peningkatan persentase hasil observasi guru mencapai 90% pada akhir siklus 2 dan persentase hasil observasi siswa pada akhir siklus 2 sebesar 82%. Kata Kunci: motivasi belajar, metode penemuan terbimbing.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4286 |
Actions (login required)
View Item |