ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMBER SENSE

LILIK, SETYANINGSIH (2018) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMBER SENSE. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense rendah dalam menyelesaikan soal matematika, (2) mengetahui keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense sedang dalam menyelesaikan soal matematika, (3) mengetahui keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasinya mencakup semua siswa program bilingual kelas VII MTSN 2 Ponorogo yang berjumlah lima kelas. Dari lima kelas tersebut, kelas VII D terpilih sebagai sampel. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan number sense dan soal matematika yang mencakup 6 kategori kognitif. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan dari hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense rendah cenderung masuk dalam level LOTS (Low Order Thinking Skill). Siswa pada kategori ini hanya mampu menyelesaikan soal matematika kategori mengingat (C1) dan memahami (C2). Keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense sedang juga cenderung masuk dalam level LOTS. Siswa pada kategori ini mampu menyelesaikan soal matematika sampai pada kategori mengaplikasikan (C3). Sedangkan keterampilan berpikir siswa yang memiliki kemampuan number sense tinggi cenderung masuk dalam level HOTS (Higher Order Thinking Skill). Siswa pada kategori ini mampu menyelesaikan soal matematika sampai pada kategori menganalisis (C5). Kata Kunci: Keterampilan Berpikir, Taksonomi Bloom, Low Order Thinking Skill, Higher Order Thinking Skill, Number Sense

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:21
Last Modified: 08 Oct 2018 06:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item