UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII F SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG

LILA, NURANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII F SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti adalah siswa kelas VII F di SMP Negeri 1 Kecamatan Balong yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non – tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi guru dan siswa. Analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan siswa yang dengandiajar model Problem Based Learning secara klasikal mengalami peningkatan, antara lain: kemampuan siswa memahami masalah sebesar 96,8%;kemampuan siswa merencanakan strategi penyelesaian masalah sebesar 80,9%;kemampuan siswa menyelesaikan masalah sebesar 86,8% dan kemampuan siswa menafsirkan solusinya atau mengecek kembali sebesar 85,3%. Untuk peningkatan rata –rata observasi kegiatan guru dalam siklus I sebesar 73,5% sedangkan pada siklus II perolehan observasi kegiatan guru sebesar 84%. Untuk kegiatan guru dalam model Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:38
Last Modified: 08 Oct 2018 06:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item