KOMPARASI EFEKTIFITAS IKLAN DENGAN MEDIA TELEVISI PRODUK SHAMPOO “DOVE” DAN PRODUK SHAMPOO “TRESEMME” PADA SISWA SMK NEGERI 1 PONOROGO

Lestari, Umi (2014) KOMPARASI EFEKTIFITAS IKLAN DENGAN MEDIA TELEVISI PRODUK SHAMPOO “DOVE” DAN PRODUK SHAMPOO “TRESEMME” PADA SISWA SMK NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
hal dpan - bab 1 Umi Lestari.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
bab II - BAB V umi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK Lestari, Umi. 2013. SKRIPSI. Judul “Komparasi Efektifitas Iklan dengan Media Televisi Produk Shampoo “Dove” dan Produk Shampoo “Tresemme” Pada Siswa SMK Negeri 1 Ponorogo”. Pembimbing : Sujiono, SE., MM Kata Kunci : Komparasi Efektifitas Iklan dengan Media Televisi Produk Shampoo “Dove” dan Produk Shampoo “Tresemme” dan EPIC Model Pada saat ini perkembangan bisnis sangat pesat sekali. Perusahan harus pandai-pandai melakukan promosi, supaya produk tersebut laku di pasaran, salah satu caranya melalui periklanan. Shampoo Dove dan Tresemme merupakan produk shampoo dari PT. Unilever Indonesia Tbk, yang sama-sama menggunakan media televisi sebagai media iklannya, akan tetapi belum diketahui iklan produk mana yang paling efektif. Sehingga untuk mengetahui efektifitas iklan tersebut digunakan EPIC Model yaitu model untuk menilai efektifitas iklan dari AC Nielsen yang melihat efektifitas sebuah iklan dari sisi Empathy, Persuasion, Impact dan Communication. Penelitian ini dilakukan pada siswi SMK N 1 Ponorogo jurusan tata niaga berjumlah 228 siswa. Berdasarkan rumus Slovin, maka sampel penelitian ini yaitu 70 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni orang yang pernah menyaksikan iklan televisi shampoo Dove “Edisi Ersa Mayori Bersama Tiga Gadis Pemenang Dove Aksi Rambut Kuat” dan iklan shampoo Tresemme “Edisi Bintang Asia Top Model”. Metode penelitian menggunakan kuantitatif melalui kuesioner. Alat analisis menggunakan EPIC Model yaitu dengan melihat nilai rata-rata masing-masing variabel dalam empat dimensi EPIC (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication,). Dan memasukkannya dalam lima tingkat efektifitas EPIC Model kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan shampoo “Dove” lebih efektif dibandingkan dengan iklan shampoo “Tresemme”, ditunjukkan dengan nilai rata-rata dimensi Empathy iklan Dove 3.56 iklan Tresemme 3.31, dimensi Persuation iklan Dove 3.10 iklan Tresemme 2.85, dimensi Impact iklan Dove 3.61 iklan Tresemme 3.45, dimensi Communication iklan Dove 3.86 iklan Tresemme 3.19. Hal ini membuktikan bahwa efektifitas yang dihasilkan iklan shampoo Dove pada kalangan remaja yang merupakan segmen pasarnya telah berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 24 Apr 2014 03:31
Last Modified: 24 Apr 2014 03:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item