DINA, OKZOLATAVINA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN DIMENSI DUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK AL-INABAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (553kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash pada materi dimensi dua yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan media pembelajaran ini didasarkan pada hasil observasi lapangan yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah dan belum ada media pembelajaran interaktif yang mendukung pembelajaran. Dengan dikembangkannya media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 4 fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/kontruksi, dan (4) fase test, evaluasi dan revisi. Subjek uji coba kevalidan terdiri dari 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Untuk subjek uji coba kepraktisan terdiri dari 1 orang guru dan 11 siswa kelas XI Multimedia SMK Al-Inabah dan untuk subjek uji coba keefektifan adalah 11 siswa kelas XI Multimedia SMK Al-Inabah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket motivasi belajar siswa terhadap matematika. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan berupa analisis data kuantitatif yang kemudian dikonversi ke data kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran menggunakan uji nonparametrik Wilcoxon. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa nilai kevalidan dari ahli media dan ahli materi memenuhi kriteria baik. Untuk nilai kepraktisan dari responden guru memenuhi kriteria baik sedangkan dari responden siswa memenuhi kriteria sangat baik. Untuk hasil keefektifan menunjukkan bahwa Z_hitung <〖-Z〗_tabel sehingga H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa motivasi belajar siswa setelah menggunakan media lebih baik daripada motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Dimensi Dua, Motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |