TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP ASUHAN KEPERAWATAN Di RUANG MAWAR DAN FLAMBOYAN RSUD Dr. HARDJONO PONOROGO

Rahayu, Heni (2013) TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP ASUHAN KEPERAWATAN Di RUANG MAWAR DAN FLAMBOYAN RSUD Dr. HARDJONO PONOROGO. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
BAGIAN ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7.pdf

Download (779kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tingkat kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang (pelanggan) setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan (Asuhan Keperawatan yang diterima dan dirasakan). Pemberiaan asuhan keperawatan terhadap pasien Jamkesmas dapat memberikan kepuasan selama pasien dirawat sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit. Desain penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan teknik sampling purposive, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap Asuhan Keperawatan di RSUD Dr. Hardjono Ponorogo. Populasi penelitian adalah pasien Jamkesmas di Ruang Flamboyan dan Mawar RSUD Dr. Hardjono Ponorogo pada bulan Febuari 2013 sampai dengan Maret 2013 dengan rata-rata sebanyak 775 responden . Besar sampel adalah 77 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan skor T. Dari hasil penelitian didapatkan data pada aspek perhatian sebanyak 43 responden (55,84%) merasa puas, pada aspek kecekatan sebanyak 47 responden (61,03%) merasa puas, pada aspek penginformasian sebanyak 48 responden (62,33%) merasa puas, dan pada aspek ketersediaan sebanyak 45 responden (58,44%) merasa puas. Tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap Asuhan Keperawatan di Ruang Flamboyan dan Mawar RSUD Dr. Hardjono Ponorogo sebanyak 46 responden (59,74%) responden merasa puas dan 31 responden (40,26%) merasa tidak puas. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan asuhan keperawatan pada pasien Jamkesmas ditujukan dengan tingkat kepuasan pasien dalam menerima pelayanan asuhan keperawatan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pasien Jamkesmas. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pasien Jamkesmas, Asuhan Keperawatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 25 Apr 2014 02:34
Last Modified: 25 Apr 2014 02:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item