PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTERAKTIF UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA PLATFORM ANDROID

JAINAL, MUTTAQIN (2018) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTERAKTIF UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA PLATFORM ANDROID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi untuk digunakan sebagai media pembelajaran tematik interaktif untuk sekolah dasar yang mampu mengembangkan sisi kognitif, afektif, serta psikomotorik siswa. Adapun pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu proses pembelajaran pada pelajaran tematik sekolah dasar menjadi lebih interaktif dengan menggunakan teknologi augmented reality. Dari penelitian ini dikembangkan media aplikasi yang mampu memberikan visualisasi 3D serta diberikan juga audio dan teks secara bersamaan pada materi yang diberikan. Perancangan media aplikasi ini menggunakan Unity 3D dan Vuforia serta Blender untuk mengembangkan animasi 3D. Aplikasi ini menggunakan marker yang akan dikenali sistem untuk selanjutnya ditampilkan materi sesuai dengan marker yang di deteksi. Untuk mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik maka marker dibuat menjadi garis putus-putus sehingga siswa harus menggambar marker jika ingin menampilkan informasi materi yang diinginkan. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dijalankan di dua perangkat uji LG Nexus 5 dengan versi sistem operasi android berbeda menggunakan framework appcrawler pada aplikasi testdroid menunjukkan penggunaan CPU maksimum aplikasi adalah sekitar 60% serta penggunaan memory maksimum sekitar 300MB. Pengujian menggunakan Testdroid menunjukkan bahwa media aplikasi tematik ini dapat berjalan baik meskipun dijalankan pada perangkat android berbeda. Kata Kunci : Augmented Reality, Tematik, Unity 3D, Vuforia

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:14
Last Modified: 09 Oct 2018 06:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item