HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP VISUS KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA REMAJA Di Warnet X dan Y di Kota Madiun

RATNA, WAHYU FEBRYATI (2018) HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP VISUS KETAJAMAN PENGLIHATAN PADA REMAJA Di Warnet X dan Y di Kota Madiun. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (651kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, semakin pesat pula perkembangan game online di Indonesia. Salah satu dampak yang di sebabkan dari bermain game online tanpa kenal batasan waktu adalah menurunnya ketajaman penglihatan. Gangguan ketajaman penglihatan remaja dapat di sebabkan oleh beberapa faktor lainnya antara lain faktor genetik, lingkungan serta screen based activity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati adakah hubungan bermain game online dengan visus ketajaman penglihatan pada remaja. Penelitian ini mengunakan rancangan korelasi dengan purposive sampling sebanyak 41 remaja yang bermain game online di warnet X dan Y. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan menggunakan uji statistik Chi-Square denga p value <0,05. Hasil menunjukkan adanya hubungan bermain game online dengan visus ketajaman penglihatan pada remaja di Warnet X dan Y Kota Madiun. Hasil penelitian dapat disimpulkan remaja yang barmain game online dengan abnormal yaitu sebanyak 31 responden (75,6%) dan nilai visus yang abnormal sebanyak 27 responden (65,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor screen time yang banyak berpengaruh terhadap nilai visus remaja, sehingga perlu dilakukan pengawasan orang tua dalam screen time pada anak-anaknya. Hal tersebut dilakukan agar angka kejadian gangguan penglihatan pada remaja tidak semakin meningkat. Kata Kunci : Game online, Visus, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:37
Last Modified: 11 Oct 2018 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item