IMPLEMENTASI STANDAR PENULISAN SOAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENILAIAN HASIL BELAJAR (STUDI KASUS PADA PENULISAN SOAL PTS SKI PADA KKG KKM VI KABUPATEN PONOROGO)

Alif, Yaya Zunaidi (2018) IMPLEMENTASI STANDAR PENULISAN SOAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENILAIAN HASIL BELAJAR (STUDI KASUS PADA PENULISAN SOAL PTS SKI PADA KKG KKM VI KABUPATEN PONOROGO). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Standar penulisan soal, kompetensi penilaian, dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh soal PTS yang dibuat oleh guru pada KKG KKM VI Kabupaten Ponorogo pada awalnya memiliki mutu yang rendah. Implementasi standar penulisan soal PTS dapat meningkatkan kompetensi penilaian hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi standar penulisan soal PTS, faktor yang mendukung dan menghambat implementasi standar penulisan soal dan bagaimana peningkatan dampak kompetensi penilaian hasil belajar pada pembuatan soal PTS SKI pada KKG KKM VI Kab. Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil melalui wawancara dan dokumentasi. Responden terdiri atas empat guru pembuat soal SKI dan ketua KKG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar penulisan soal telah dilaksanakan dengan baik, kecuali tujuan penilaian. Faktor pendukung implementasi standar penilaian adalah kedisiplinan tim pembuat soal, kesiapan guru pembuat soal, bahan/materi yang memadai, dukungan dari stake holder madrasah, pertimbangan guru terhadap kemampuan rata-rata peserta didik, kejelasan dalam hal tujuan dan materi pelajaran. Faktor penghambatnya adalah ketidaksesuaian antara materi yang diajarkan dengan materi soal, sumber belajar atau buku yang tidak sama antar madrasah, guru pengganti yang tidak sama kemampuannya dengan guru sebelumnya, keterbatasan kemampuan guru dalam mengoperasionalkan komputer, kualitas hasil percetakan yang tidak bagus, kemampuan dalam distribusi soal, pertimbangan terhadap siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Kompetensi pedagogik guru meningkat dalam menyusun soal. Ada pengurangan kesalahan dalam penyusunan soal sebelum dan setelah pelatihan, yaitu kelas tiga 3,48%, kelas empat 0,31%, kelas lima 6,14% dan kelas enam 6,61%. Kompetensi penilaian hasil belajar guru meningkat setelah diterapkan standar penulisan soal. Guru pembuat soal hendaknya selalu mencari pengetahuan baru terkait dengan penerapan standar penulisan soal. KKG hendaknya selalu mengupayakan agar soal PTS selalu baik mutunya. Kepala Madrasah hendaknya mendorong guru untuk terus meningkatkan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:34
Last Modified: 11 Oct 2018 03:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item