PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS IV SD NEGERI GALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dewi, Marsitoh (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS IV SD NEGERI GALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Dewi Marsitoh, 2014.Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW)Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Galak Pembimbing: Erika Eka Santi, M.si Kata kunci : Peningkatan, Hasil Belajar dan AktifitasThink-Talk-Write (TTW) Pembelajaran yang kurang menarik minat siswa serta pembelajaran yang diberlakukan oleh guru dengan metode yang biasa-biasa saja yaitu metode ceramah saja, mengakibatkan siswa cenderung bosan dan tidak mampu dalam meningkatkan aktifitasnya sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah pula.Salah satu alternatif untuk meningkatkanaktifitas siswa adalah dengan menggunakan metode Think-Talk-Write (TTW).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Galak dengan metode Think-Talk-Write (TTW). Yang akan menjadi subyek penelitian ini adalah SD Negeri Galak kelas IV dengan siswa yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.Dalam pelaksanaannya guru membangkitkan aktifitas siswa secara keseluruhan baik dengan aktifitas yang melibatkan kelompok maupun individu. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan manfaat dalam kehidupan sehari-hari, serta mendorong siswa dalam beraktifitas dalam kelas. Pada tahap Think guru mmberikan LKS untuk dikerjakan secara individu dari sinilah pemikiran siswa dimunculkan. Kemudian tahap Talk guru membentuk siswa secara kelompok dan membagikan LKS untuk didiskusikan secara kelompok. Tahap Write guru membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran yang telah berlangsung.Pada tahap penutup guru memberikan penghargaan bagi siswa, supaya mereka mampu untuk mencapai lebih dari sebelumnya. Metode Think-Talk-Write (TTW)dapat meningkatkan aktifitas siswa di SD Negeri Galak kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 dalam pembelajaran matematika terutama pada hasil belajar akibat dari proses aktifitas yang berubah. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan yang signifikan pada siklus I menuju siklus 2. Peningkatan terjadi di aktifitas afektif siswa yang mengalami peningkatan dengan rata-rata presentase secara keseluruhan adalah 77,85% dengan criteria baik dari siklus 1 yaitu 56,8%. Sehingga mengakibatkan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa yang tuntas dari 47,7% menjadi 86,7%.Hasil pengelolaan pembelajaran guru sudah mencapai indikator keberhasilan pada siklus II presentase 81,33% dengan kategori penilaian guru mencapai 4,06 mencapai kategori Baik dibandingkan siklus 1 yang masih mencapai presentase 53,3% dengan rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 2,67. Saran yang dapat diajukan adalah metode pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktifitas siswa di SD Negeri Galak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2014 06:30
Last Modified: 29 Nov 2014 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item