Septyana, Tentiasih (2018) PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBINA KELUARGA PERNIKAHAN USIA DINI (Studi Kasus di Desa Selopajang Barat Kecamatan Blado Kabupaten Batang Jawa Tengah). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
b. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
c. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
|
Text
h. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Pendidikan Islam, Membina Keluarga dan Pernikahan Usia Dini. Pernikahan usia dini yang terjadi di Desa Selopajang Barat sangat banyak. Sebagian masyarakat Desa Selpajang Barat menikah dibawah usia 21 tahun. Kurangnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sebagian besar remaja di Desa Selopajang Barat memilih untuk menikah. Hampir keseluruhan dari mereka yang menikah diusia dini, mereka secara ekonomi masih bergantung pada kedua orangtua karena suami belum memiliki pekerjaan tetap. Pernikahan tidak lepas dari sebuah pendidikan Islam, karena pendidikan Islam merupakan pondasi awal yang harus dimiliki oleh pasangan suami istri demi terwujudnya keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Seseorang yang akan menikah harus mengetahui tentang hakikat menikah, tujuan dan tugas serta kewajiban yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri dalam mengarungi bahtera hidup berumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam yang ada di Desa Selopajang Barat, selain itu juga untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam dalam membina keluarga pernikahan usia dini serta untuk mengetahui peran pendidikan Islam dalam membina keluarga pernikahan usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi partisipan (participation observation) dan dokumentasi (documentation). Teknik analisis data: penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan melalui uji triangulation, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam di Desa Selopajang Barat digolongkan menjadi tiga aspek; pendidikan akidah, syari’ah dan mu’malah. Faktor yang mempengaruhi pernikahan usia dini diantaranya karena faktor ekonomi, pendidikan, orangtua dan kecelakaan (marride by accident). Implementasi pendidikan Islam dalam keluarga pernikahan usia dini, mereka menanamkan sejak dini kepada anak tentang pendidikan akidah, ibadah dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan mu’amalah dengan keluarga dan lingkungan. Peran pendidikan Islam dalam keluarga pernikahan usia dini didapatkan melalui adanya kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Selopajang Barat, seperti adanya kegiatan pengajian rutin, kegiatan yasinan dan kegiatan dalam pendidika TPA (Tempat Pendidikan Al-Qur’an).
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 03:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4500 |
Actions (login required)
View Item |