Mohammad, Khusnul Hamdani (2018) PERAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN ADAB DAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AR-RAHMAH PACITAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
b. BAB I.pdf Download (604kB) |
|
Text
c. BAB II.pdf Download (730kB) |
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
h. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Orang tua, Sekolah, Hafalan al-Qur’an, Adab Peran orang tua dan sekolah merupakan faktor penting yang mendorong kesuksesan anak. Sinergitas antara keduanya dapat mengurangi kerusakan moral yang ada di Indonesia dengan merealisasikan adab. Orang tua merupakan faktor terpenting dalam membimbing, mendidik dan mengarahkan ketika di rumah, begitu juga dengan sekolah yang mempunyai peran penting ketika di sekolah. Faktor tersebut mendorong penelitian ini untuk mengungkapkan tentang seberapa besar dan pengaruhnya sinergitas antara orang tua dan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Ar-Rahmah Pacitan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini melibatkan dari dua belah pihak yaitu orang tua dan pihak sekolah. Pada penelitian ini mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dari orang tua dan pihak sekolah dalam merealiasasikan hafalan al-Qur’an yang meningkat dan adab yang baik. Guru SMPIT Ar-Rahmah Pacitan tidak bosan-bosannya mengingatkan tentang adab dan hafalan al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukan adanya komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah. Pertemuan yang dilaksanakan tiga bulan sekali atau disebut Pertemuan Orang tua Murid (POM), selain itu juga ada komunikasi lewat media sosial. Media sosial watshapp sebagai perantara terjadinya komunikasi antara orangtua dan sekolah secara tidak langsung membawa dampak yang positif. Program (POM) Pertemuan Orang tua Murid juga dilaksanakan parenting untuk memberikan pengarahan terhadap orang tua apa saja tugasnya. Sekolahan untuk hafalan membuat jadwal muraja’ah (mengulang-ulang), tahsin (memperbaiki bacaan) untuk kesehariannya.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:39 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 03:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4501 |
Actions (login required)
View Item |