PENGARUH IKLIM MADRASAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MAN 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Suprapti, Suprapti (2018) PENGARUH IKLIM MADRASAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA DI MAN 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
f. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Iklim Madrasah, Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan Beragama. Kedisiplinan beragama merupakan ketaatan seseorang dalam menjalani agamanya, sehingga dapat mencapai keteraturan dan ketertiban dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Kedisiplinan beragama dapat terwujud dengan dibentuk oleh beberapa faktor diantaranya iklim madrasah dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh iklim madrasah terhadap kedisiplinan beragama di MAN 1 Magetan, (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan beragama di MAN 1 Magetan, dan (3) pengaruh iklim madrasah dan kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan beragama di MAN 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini di MAN 1 Magetan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Subyek yang dianalisis dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Magetan dengan sampel sebanyak 205 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana yaitu uji t dan uji regresi berganda menggunakan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim madrasah terhadap kedisiplinan siswa di MAN 1 Magetan ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh harga thitung>ttabel (11,374>1,645) dengan koefesien determinan sebesar 0,389, (2) terdapat pengaruh positif dan dignifikan kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan beragama di MAN 1 Magetan ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh harga thitung>ttabel (4,008> 1,645) dengan koefesien determinan sebesar 0,073, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara iklim madrasah dan kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan beragama siswa di MAN 1 Magetan yang dibuktikan dengan hasil uji F yaitu nilai Fhitung > Ftabel (69,654>3,040) dengan sumbangan efektif sebesar 40,8%. Berdasarkan temuan di atas, dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Pihak madrasah sebaiknya membuat gerakan untuk optimalisasi iklim madrasah dan kecerdasan emosional agar dapat meningkatkan kedisiplinan beragama, (2) pihak orang tua sebaiknya melatih dan membimbing agar anak terbiasa disiplin, (3) perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait kedisiplinan beragama siswa dengan memperhatikan faktor lain.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:41
Last Modified: 11 Oct 2018 03:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4502

Actions (login required)

View Item View Item