POLA HUBUNGAN ANTAR KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN

AGUS, MUDJIANTO (2018) POLA HUBUNGAN ANTAR KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Agus Mudjianto. 2018. Pola Hubungan antar Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Tesis. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Happy Susanto, M.A. Pembimbing (2) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag. Manusia dalam setiap proses kehidupannya selalu terpengaruh dengan berbagai macam sarana pendidikan, seperti rumah tangga, sekolah, pekerjaannya, pergaulannya, lembaga-lembaga sosial, keadaan geografisnya, dan agama yang dianutnya, baik dalam hal teladan yang baik dan nasihat/pengajaran yang baik atau peniruan adat kebiasaan yang berlaku dalam bangsa/masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Bagaimana pelaksanaan PAI di keluarga siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun? 2. Bagaimana pelaksanaan PAI di MI Muhammadiyah Kota Madiun? 3. Bagaimana pelaksanaan PAI di masyarakat siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun? 4. Bagaimana bentuk kegiatan dan pola hubungan antar keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pelaksanaan PAI pada siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kota Madiun menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan alur (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam di keluarga siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun menekankan pada praktek (‘amaliyyah) pendidikan agama Islam. 2) Pelaksanaan pendidikan agama Islam di MI Muhammadiyah Kota Madiun menekankan pada materi (maaddah) pendidikan agama Islam dan prakteknya dalam kehidupan. 3) Pelaksanaan pendidikan agama Islam di masyarakat siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun melalui PHBI dan kegiatan keagamaan. 4) Bentuk kegiatan dan pola hubungan antar keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada siswa MI Muhammadiyah Kota Madiun adalah: a) Bentuk kegiatan antar keluarga dan sekolah berupa pertemuan wali murid. Dan pola hubungan yang terbentuk adalah pola hubungan interaksi sosial. b) Bentuk kegiatan antar keluarga dan masyarakat berupa kegiatan keagamaan. Dan pola hubungan yang terbentuk adalah pola hubungan interaksi sosial.Dan juga hubungan masyarakat Gemeinschaft. c) Bentuk kegiatan antar sekolah dan masyarakat berupa pelaksanaan pendidikan madrasah diniyah. Dan pola hubungan yang terbentuk adalah pola hubungan simbiosis mutualisme. Dan juga hubungan masyarakat Gemeinschaft. d) Bentuk kegiatan antar keluarga, sekolah dan masyarakat berupa pertemuan pengurus perserikatan / yayasan. Dan pola hubungan yang terbentuk adalah pola hubungan interaksi sosial. Dan juga hubungan masyarakat Gemeinschaft. Kata kunci : Pola Hubungan, Keluarga, Sekolah, Masyarakat, dan Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:43
Last Modified: 11 Oct 2018 03:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item