PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI REMAJA (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah Desa Karangmalang dan Madrasah Diniyah Al-Hidayah Desa Tawun Kasreman Ngawi)

Maria, Sanprayogi Ningsih (2018) PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI REMAJA (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah Desa Karangmalang dan Madrasah Diniyah Al-Hidayah Desa Tawun Kasreman Ngawi). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.fix.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB III.fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
g. DAFTAR RUJUKAN-1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
h. LAMPIRAN-1.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Ningsih, Sanprayogi, Maria (16160071). 2018. Peran Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Potensi Diri Remaja (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah Desa Karangmalang dan Madrasah diniyah Al-Hidayah Desa Tawun Kasreman, Ngawi. Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I (2) Katni, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Perkembangan Remaja, pengembangan potensi diri. Pendidikan Islam mempunyai cita-cita luhur dalam kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya melibatkan beberapa pihak dalam konteks pencapaian manusia sebagai abd Allah. Perspektif akulturasi jaman menilai pendidikan sebagai obyek reduksi perilaku manusia. Remaja di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah Desa Karangmalang dan Madrasah Diniyah Al-Hidayah Desa Tawun merupakan salah satu gambaran perilaku manusia atas implementasi nilai-nilai pendidikan Islam kaitannya dengan pengembangan potensi diri. Selain itu, implikasi konsep pendidikan Islam dalam mengembangkan potensi diri remaja menunjukkan peran penting pendidikan Islam bagi manusia khususnya para remaja. Penelitian ini mendeskripsikan peran, implementasi dan implikasi pendidikan Islam dalam mengembangkan potensi diri remaja melalui metode penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan multikasus yang mendeskripsikan perbedaan antara dua kasus. Peneliti akan membandingkan dua permasalahan melalui analisis realita di lapangan yaitu di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah Desa Karangmalang dan Madrasah Diniyah Al-Hidayah Desa Tawun Kasreman Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus (multi-case studies). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indept interview), observasi partisipan (participation observation) dan dokumentasi (documentation). Analisis data kasus tunggal (single-case analysis) dan analysis data lintas kasus (cross-case analysis) dengan teknik analisis data: penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan melalui uji trianggulation, transferability dan confirmability. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pendidikan Islam merupakan salah satu sarana pengembangan diri dalam konteks aplikasi nilai-nilai pendidikan Islam. Peran Pendidikan Islam dalam mengembangkan potensi diri remaja di Madrasah Diniyah Roudhotul Falah terlihat pada sistem pendidikan Islam yang packaging atas segala aspek nilai-nilai pendidikan Islam yang mendalam karena berbasis pondok pesantren. Bentuk pengembangan diri yang dilakukan hanya mencakup sebagian saja terkait cara-caranya. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan santri dan kurikulum pondok pesantren. Bentuk kegiatan-kegiatan terkait pengembangan diri dilakukan dan diasah di lingkungan pondok pesantren melalui kegiatan akedemik dan non akademik atau ekstrakurikuler Sedangkan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Al-Hidayah menunjukkan pendidikan Islam yang kemasannya mencakup nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat dipalikasikan dalam lingkungan masyarakat. Aspek lingkungan tersebut berpengaruh pada cara pengembangan diri santri. Hal ini dilakukan karena situs tersebut bersinggungan langsung dengan masyarakat. Implikasi pendidikan Islam dalam mengembangkan potensi diri remaja di Madrasah Diniyah Roudhtul Falah terlihat dari produktifitas santri pada aspek kekuatan akhlak. Sedangkan di Madarsah Diniyah Al-Hidayah dampaknya terlihat dari produktifitas santri di lingkungan masyarakat karena memiliki sarana kontektual yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:06
Last Modified: 11 Oct 2018 04:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item