PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo)

Maizar, Wati (2018) PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf

Download (616kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
f. BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
g. DATAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Maizar Wati. 2018. Pendidikan Kepemimpinan Di Pesantren (Studi Kasus di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo) Kata Kunci: Model, Implementasi, Kontribusi Pendidikan Kepemimpinan. Manusia itu diciptakan sebagai makhluk yang sempurna. Kesempurnaan manusia sebagai ciptaan Allah sejalan dengan beratnya beban yang harus ditanggung di dunia ini. Allah menciptakan manusia beserta kesempurnaanya untuk menjadi khalifah di muka bumi. Pentingnya peranan manusia sebagai khalifah dibumi, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain, maka banyak sekali pendidikan yang diberikan kepada peserta didik untuk bekal dirinya kelak. Salah satu pendidikan yang diberikan adalah pendidikan kepemimpinan. Pesantren Putri Al-Mawaddah yang khusus putri juga ikut serta mengadakan pendidikan kepemimpinan untuk menyiapkan kader-kader muslimah yang berkualitas dalam pembentukan al-Mar’atus Sholihah yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berfikir bebas, berjiwa ikhlas, serta berpegang teguh pada kodrat kewanitaannya. Pendidikan kepemimpinan di Pesantren Putri Al-Mawaddah tidak hanya sebatas teori yang diajarkan di dalam kelas, namun secara implisit sudah diterapkan dalam bentuk kegiatan sehari-hari, dan berguna untuk membangun karakter seorang putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pendidikan kepemimpinan di Pesantren Putri Al-Mawaddah, bagaimana implementasi pendidikan kepemimpinan di Pesantren Putri Al-Mawaddah dan bagaimana kontribusi pendidikan kepemimpinan di Pesantren Putri Al-Mawaddah ketika sudah berada di lingkungan masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitiannya, teknik purposive dan snowball sampling dalam penentuan informan yang akan dijadikan sumber data. Teknik pengumpulan data,peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah deduktif, induktif, dan komparatif. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti ialah pendidikan kepemimpinan di Pesantren Putri Al-Mawaddah, model pendidikan kepemimpinannya adalah Kullukum Ra'in WaKullukum Mas'ulun 'An Ra'iyyatihi”.Yakni setiap orang adalah pemimpin, hal inilah yang terus dikembangkan, agar santriwati tersebut tidak hanya menjadi pemimpin bagi dirinya tapi juga bagi orang lain, maka penerapan untuk mencapai konsep tersebut digunakan tujuh metode, yaitu pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, uswah hasah, dan pendekatan, agar menjadi bekal santriwati untuk kehidupannya dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:09
Last Modified: 11 Oct 2018 04:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item