PITA, ANJARSARI (2018) REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A.). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (336kB) |
Abstract
Anjarsari, Pita. 16160093. REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A.). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Happy Susanto, M.A, pembimbing (II) Wahyudi Setyawan, M.PdI. Pengembangan pendidikan Islam di sekolah sebagai budaya yang bersifat kualitas maupun kuantitas, dan akan digunakan sebagai pijakan, nilai, semangat, sikap dan perilaku bagi para aktor pendidikan yang berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab, (1) Bagaimana paradigma pemikiran pendidikan Islam Prof.pDr. Muhaimin, M.A. (2) Bagaimana teori pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A. (3) Bagaimana ide pembaharuan pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A. (4) Bagaimana aktualisasi pemikiran pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A. dan relevansinya dengan pengembangan pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian berdasarkan literatur (kajian pustaka). Penelitian ini mengungkap pemikiran pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. tentang rekonstruksi pendidikan Islam yang tertuang dalam berbagai karyanya diantaranya adalah Wacana Pengambangan Pendidikan Islam. (2004) Surabaya: Pustaka Pelajar; Pengembangan Kurikulum pendidikan Agama Islam: Di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. (2005) Jakarta: Rajawali Pers; Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. (2005) Bandung: PT Remaja Rosda Karya; Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. (2006) Jakarta: Rajawali Pers; Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi pembelajaran. (2009) Jakarta: Rajawali Pers, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini, rekonstruksi pendidikan Islam Prof. Dr. Muhaimin, M.A. pada bagian kurikulum dan komponen strateginya. Paradigma pemikiran pendidikan Islam telah mempertimbangkan paradigma modernisasi, teori pendidikan yang disusun oleh kelompok neo-modernis. Ide pembaharuan pendidikan Islam yang ditawarkan adalah (1) Pembelajaran PAI terpadu (kurikulum terpadu dengan pendekatan pembelajaran inquiri), (2) Pendidikan Islam Berbasis Multikultural, yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran ilmu-ilmu agama Islam berbasis kontektual dan riset. Aktualisasinya didasarkan pada landasan berfikir paradigma modernisasi dan teori neo-modernis baik perguruan tinggi maupun sekolah. Kata Kunci: Rekonstruksi, Pendidikan Islam, Muhaimin
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4518 |
Actions (login required)
View Item |