ROMADHON, KHABIBI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO TAHUN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (693kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (671kB) |
|
Text
Lampiran 1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Masalah yang dihadapi siswa di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo adalah saat pembelajaran dikelas masih dijumpai siswa yang bermain sendiri, tidak fokus dan cendrung mengantuk. Data menunjukan masih banyaknya siswa yang nilanya masih di bawah KKM. Sebagai tidak lanjut dari masalah tersebut peneliti bermaksud menacari solusi, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Teams Games Turnament untuk di ujicobakan pada siswa dengan harapan prestasi siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahui prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Game Team Turnamen. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Teams Game Tutnamen terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo.(3)Untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Teams Game Tutnamen terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the nenoquivalen pretest-postest. Populasi diambil dari siswa kelas V SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas V Al-huda dan kelas V Al-hikmah. Untuk kelas V Al-huda diberi perlakuan dengan model Number Head Together dan kelas V Al-hikmah dengan model Teams Games Turnament. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes prestasi dengan 20 butir soal. Teknik analisis data penelitian yang dipergunakan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa digunakan uji t dua sampel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretes dan postes pada kedua kelas eksperimen menunjukan hasil yang berdeda yaitu: 35,38 dan 32,91 untuk pretes kelas Al-huda dan Al-hikmah, sedangkan postes kelas al-Hudan dan Alhikmah masing-masing 74,23 dan 69,79. Dengan taraf signifikansi 5%,siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran NHT dan TGT menunjukan peningkatan prestasi belajar yang signifikan dibanding sebelum mendapat perlakuan. Berdasarkan nilai rata-rata siswa setelah mendapat perlakuan, siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatit tipe NHT lebih baik dengan nilai rata-rata 74,23 dari pada siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan rata-rata 69,79. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatir, Number Head Together, Teams Games Turnamet, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 07:28 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 07:28 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4569 |
Actions (login required)
View Item |