SITI, ROHMATUL IMANI (2019) MENEJEMEN PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MI AL-BAROKAH PURWANTORO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (413kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Menejemen, Hafalan Al-Qur‟an Manajemen pembelajaran hafalan al-Qur‟an yang berada di MI Al-Barokah Purwantoro adalah suatau aktivitas yang dilakukan oleh seorang guru. Untuk mengetahui persiapan guru pembelajaran hafalan al-Qur‟an di MI Al-Barokah Purwantoro beliau menjelaskan bahwa sebelum guru melaksanakan pembelajaran guru mempersiapkan target atau penentuan hafalan terlebih dahulu. Kemudian menejemen hafalan al-Qur‟an di MI Al-Barokah purwantoro meliputi:1. Perencanaan pembelajaran, 2. Pelaksanaan pembelejaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : untuk mengetahui Menejemen Pembelajaran Hafalan al-Qur‟an yang dilakukan oleh setiap guru ketika akan mengajarkan hafalan al-Qur‟an dan untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tentang hafalan al-Qur‟an di MI Al-Barokah Purwantoro. Penelitian ini menggunakan metode peneliotian deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode di atas digunakan untuk menggali data tentang bagaimana menejemen serta pelaksanaan hafalan al-Qur‟an di MI Al-barokah Purwantoro. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Menejemen Pembelajaran Hafalan Al-Qura‟an di MI Al-Barokah Purwantoro adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan target atau penentuan hafalan al-Qur‟an. Adapun tahap pemebelajarannya 1. Perencanaan pembelajaran yang meliputi : a. program ekstrakurikuler, b. penentuan hafalan. 2. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi : a. metode pembelajaran, b. sistem setoran, c. target hafalan, d. evaluasi. Di MI Al-Barokah Purwantoro menentukan target hafalanya adalah satu juz yaitu juz „amma, dan proses pembelajaran hafalan al-Qur‟annya dengan menggunakan beberapa metode yaitu dengan metode penulisan dan juga dengan metode pengulangan, dengan cara membacakan ayat kemudian siswa menirukan sampai hafal kemudian setelah hafal lalu siswa diwajibkan menyetorkan hafalan tersebut. Untuk faktor pendukung dalam pembelajaran hafalan al-Qur‟an sekolah MI Al-Barokah Purwantoro dari semua pihak sekolah mau bekerja sama untuk membantu dalam menjalankan kegiatan proses tahfidz di MI Al-Barokah Purwantoro. Yaitu dengan mengadakan pelatihan baca tulis al-Qur‟an yang wajib di ikuti oleh semua guru MI Al-Barokah Purwantoro, pihak orang tua juga ikut membantu mengontrol hafalan anaknya, sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari kurangnya guru pengampu tahfidz di MI Al-Barokah Purwantoro, kemudian juga terbatasnya waktu dalam kegiatan hafalan pada siswa di kelas sehingga kurang maksimal
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 04:17 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4572 |
Actions (login required)
View Item |