ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

DAIMATURROHMATIN, DAIMATURROHMATIN (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (796kB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3 BAB 2.pdf

Download (457kB)
[img] Text
4 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
5 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar Kolb. Gaya belajar Kolb terdiri dari 4 macam tipe gaya belajar, yaitu gaya belajar diverger, asimilator, konverger, dan akomodator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jetis. Subjek penelitian berjumlah 38 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Jetis. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan angket, sedangkan model interaktif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang dikuasai oleh masing-masing tipe gaya belajar berbeda. Siswa dengan tipe gaya belajar konverger mampu menguasai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah ditentukan. Sedangkan tiga tipe gaya belajar yang lain mampu menguasai satu atau dua indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu (i) kemampuan menyatakan permasalahan dalam model atau simbol matematika mampu dikuasai dengan baik oleh siswa dengan tipe gaya belajar diverger dan asimilator, (ii) kemampuan menjelaskan ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kaidah matematika yang berlaku mampu dikuasai dengan baik oleh siswa dengan tipe gaya belajar asimilator dan akomodator, sedangkan (iii) kemampuan dalam menyimpulkan hasil penyelesaian secara jelas mampu dikuasai dengan baik oleh siswa dengan tipe gaya belajar akomodator. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:07
Last Modified: 09 Apr 2019 03:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item