ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIIISMP DI KABUPATEN PONOROGO

SURYATI, SURYATI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIIISMP DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan menulis matematika siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Ponorogo, dan 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dari tiga sekolah berbeda, yaitu SMP N 4 Ponorogo, SMP N 1 Siman, dan SMP N 2 Jetis. Dari tiga sekolah tersebut, peneliti menggunakan masing-masing satu kelas untuk dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara sedangkan instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan menulis matematika, pedoman wawancara mengenai kemampuan menulis matematika, dan lembar kemampuan menulis matematika berdasarkan rubrik 11 kriteria kemampuan menulis matematika menurut DR. Kevin P. Lee. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan melihat kategori persentase kemampuan menulis matematika yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis matematika siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Ponorogo ditinjau dari 11 kriteria kemampuan menulis matematika Dr. Kevin P. Lee mencapai 56,8% tergolong dalam kategori cukup, sedangkan faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematika secara umum dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yang termasuk dalam faktor internal adalah: a) minat belajar siswa, b) pandangan siswa tentang matematika, c) pemahaman konsep materi, d) kebiasaan dan e) anggapan siswa bahwa guru sudah memahami apa yang mereka tuliskan. Sedangkan yang termasuk dalam faktor eksternal adalah: a) situasi kelas, b) waktu pengerjaan soal, dan c) cara guru saat menjelaskan materi. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:26
Last Modified: 09 Apr 2019 04:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item