ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK (VAK)

WACHID, AHMADI (2019) ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL DAN KINESTETIK (VAK). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAB II_2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB_ III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
hal-depan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB-I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik pada siswa kelas VIII SMP N 1 Siman Ponorogo. Diharapkan mampu mengetahui perbedaan representasi siswa disetiap gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Siman Ponorogo yang terdiri dari 30 siswa. Dari 30 siswa tersebut diambil 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditori dan 2 siswa gaya belajar kinestetik dengan mengunakan angket gaya belajar, pengambilan 2 subjek tiap gaya belajar untuk membandingkan antara subjek dan memperkuat hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes representasi siswa dan wawamcara. Teknik analisis data untuk melihat kemampuan representasi matematis siswa yaitu ditinjau dari indikator representasi matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) siswa dengan gaya belajar visual siswa memiliki representasi visual dan simboliknya yang cenderung sama dominan, yaitu siswa yang memiliki representasi visual mampu menampilkan ilustrasi berupa gambar saat mengerjakan soal, untuk representasi simbolik siswa mampu menyelesaikan permasalahan mengunakan ide matematis dan persamaan matematika, sedangkan untuk representasi verbalnya kurang dominan yaitu siswa kurang mampu dalam menjelaskan langkah-langkah pengerjaannya, (ii) siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki representasi yang dominan pada representasi simboliknya yaitu siswa mampu dalam menyelesaikan permasalahanya mengunakan ide-ide matematisnya serta mengunakan persamaan matematika, untuk representasi visualnya kurang dominan dan pada representasi verbalnya cenderung rendah, (iii) siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki representasi representasi verbal dan representasi simbolik cenderung sama dominan yaitu pada representasi verbalnya siswa mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaiiannya serta pada representasi simboliknya siswa mampu mengunakan ide-ide matematisnya dan mengunakan persamaan matematisnya dalam menyelesaikan permasalahannya, sedangkan pada representasi visualnya siswa kurang mampu dalam mengilustrasikan dalam menyelesaikan permasalahannya. Kata Kunci: Representasi Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Apr 2019 04:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item