PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH SUKUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUPRAPTI, SUPRAPTI (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH SUKUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode bercerita dalam pembelajaran nilai agama dan moral (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode bercerita dalam pembelajaran nilai moral dan agama pada anak usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah Sukun tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan metode bercerita dalam pembelajaran nilai agama dan moral dilakukan dengan menggunakan buku cerita dan tanpa buku cerita, dalam pembelajaran nilai agama dan moral dengan menerapkan metode bercerita guru juga memberikan contoh perilaku yang baik, agar anak lebih memahami makna yang terkandung didalam cerita. Sehingga membuat anak tertarik untuk memperhatikan dan mendengarkan pesan moral yang disampaikan oleh guru. (2) Beberapa factor pendukung dalam metode bercerita yaitu: guru kreatif dan pandai dalam bercerita, serta ruangan kelas yang nyaman dan kondisi yang mendukung. Sehingga membuat anak senang dan antusias mendengarkan cerita yang disampaikan guru. Adapun faktor penghambat yang dapat mempengaruhi penerapan metode bercerita dalam pembelajaran nilai agama dan moral adalah tidak adanya pengeras suara dan terbatasnya media untuk bercerita. Kata kunci : Metode bercerita; nilai agama dan moral; Anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:59
Last Modified: 10 Apr 2019 06:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item