PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AZMANIA PONOROGO

TRI, MARYANI (2019) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AZMANIA PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMP.pdf

Download (797kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter santri di pondok pesantren Azmania Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pendidikan karakter santri di pondok pesantren Azmania Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo dengan subyek penelitian meliputi pimpinan pondok pesantren, guru dan santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai pelaksanaan pendidikan karakter santri di pondok pesantren Azmania Ponorogo dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Azmania Ponorogo. Hasil penelitian Pelaksanaan pendidikan karakter santri di pondok pesantren azmania ponorogo terkait dari 9 nilai karakter yaitu religious, disiplin, tanggung jawab, toleransi, mandiri, jujur, bersahabat/komunikatif , peduli social dan sopan santun di peroleh bahwa pelaksanaan para santri di pondok pesantren azmania ponorogo terlaksana dengan sangat baik. hal ini bisa ditunjukkan dari 30 santri yang di jadikan sampel terhadap 9 nilai-nilai karakter 20 santri atau (67%) berpraktek nilai karakter sangat baik, 8 santri atau (27%) berpraktek nilai karakter baik sedangkan 2 santri atau (6%) berpraktek nilai karakter cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter santri yang utama dari faktor kebiasaan yaitu suatu perilaku yang sama yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan kedua faktor keturunan yaitu sifat-sifat yang dimiki santri sebagian besar merupakan pantulan dari orangtuanya dan terakhir faktor lingkungan yaitu lingkugan pondok pesantren yang dekat dengan jalan raya sehingga menimbulkan kebisingan dan menyebabkan kegiatan di pesantren kurang kondusif, selain itu latar belakang uztad/uztadzah yang berbeda-beda juga menimbulkan kebingungan para santri di pondok pesantren azmania ponorogo. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Apr 2019 08:30
Last Modified: 10 Apr 2019 08:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item