ANALISA EFEK PERUBAHAN VENTURI KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA

EKO, BAMBANG PRASETYO (2019) ANALISA EFEK PERUBAHAN VENTURI KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. Halaman depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk memperlancar pemasukan campuran bahan bakar ke dalam silnder yaitu dengan cara memodifikasi venturi karburator. Karena pada saat langkah hisap, campuran bahan bakar tidak terhisap seluruhnya, sehingga perlu dimodifikasi dan sekaligus untuk mengetahui perubahan performa mesin . Untuk mengetahui hasil dari perubahan venturi pada karburator dilakukan pengujian dengan menggunakan dynamometer chasis, dimana torsi dan daya didapat dari roda belakang. Pengujian dilakukan dengan beban tetap, data di dapat dari rol yang diputar roda listrik, dan data diambil dari terendah 5000 rpm sampai yang tertinggi atau full open throttle pada gigi transmisi 3, untuk konsumsi bahan bakar data diambil dari rpm 5000, 6000 dan 7000, sedangkan untuk emisi gas buang diambil pada putaran mesin stasioner. Dan masing masing benda uji diuji sebanyak 5 kali. Pengujian dilakukan di laboratorium Mototech Indonesia Yogyakarta. Hasil pengujian pada dynamometer menunjukan torsi, daya, konsumsi bahan bakar dan kadar CO pada emisi gas buang dapat diketahui setelah venturi dimodifikasi. Data torsi tertinggi ditunjukan pada modifikasi 17 mm sebesar 7,36 Nm pada rpm 5750. Data daya tertinggi ditunjukan pada modifikasi 17 mm sebesar 6,0 hp pada rpm 6000. Berdasarkan perhitungan konsumsi bahan bakar untuk kondisi standar maupun modifikasi, konsumsi bahan bakar terendah ditunjukan pada modifikasi 17 mm sebesar 0,3 ml/s pada rpm 5000 sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi ditunjukan modifikasi 18 mm sebesar 0,583 ml/s pada rpm 7000. Berdasarkan pengujian pada gas analyzer menunjukan CO terendah 6,20 % pada modifikasi 17 mm, dan CO tertinggi 9,19 % pada modifikasi 18 mm. Kata kunci : Perubahan venturi pada karburator, Performance mesin

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:01
Last Modified: 16 Apr 2019 04:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item