ANALISA EFEK PERUBAHAN VENTURI KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA
EKO, BAMBANG PRASETYO (2019) ANALISA EFEK PERUBAHAN VENTURI KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
1. Halaman depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk memperlancar pemasukan campuran bahan bakar
ke dalam silnder yaitu dengan cara memodifikasi venturi karburator. Karena pada
saat langkah hisap, campuran bahan bakar tidak terhisap seluruhnya, sehingga
perlu dimodifikasi dan sekaligus untuk mengetahui perubahan performa mesin .
Untuk mengetahui hasil dari perubahan venturi pada karburator dilakukan
pengujian dengan menggunakan dynamometer chasis, dimana torsi dan daya
didapat dari roda belakang. Pengujian dilakukan dengan beban tetap, data di dapat
dari rol yang diputar roda listrik, dan data diambil dari terendah 5000 rpm sampai
yang tertinggi atau full open throttle pada gigi transmisi 3, untuk konsumsi bahan
bakar data diambil dari rpm 5000, 6000 dan 7000, sedangkan untuk emisi gas
buang diambil pada putaran mesin stasioner. Dan masing masing benda uji diuji
sebanyak 5 kali. Pengujian dilakukan di laboratorium Mototech Indonesia
Yogyakarta.
Hasil pengujian pada dynamometer menunjukan torsi, daya, konsumsi
bahan bakar dan kadar CO pada emisi gas buang dapat diketahui setelah venturi
dimodifikasi. Data torsi tertinggi ditunjukan pada modifikasi 17 mm sebesar 7,36
Nm pada rpm 5750. Data daya tertinggi ditunjukan pada modifikasi 17 mm
sebesar 6,0 hp pada rpm 6000. Berdasarkan perhitungan konsumsi bahan bakar
untuk kondisi standar maupun modifikasi, konsumsi bahan bakar terendah
ditunjukan pada modifikasi 17 mm sebesar 0,3 ml/s pada rpm 5000 sedangkan
konsumsi bahan bakar tertinggi ditunjukan modifikasi 18 mm sebesar 0,583 ml/s
pada rpm 7000. Berdasarkan pengujian pada gas analyzer menunjukan CO
terendah 6,20 % pada modifikasi 17 mm, dan CO tertinggi 9,19 % pada
modifikasi 18 mm.
Kata kunci : Perubahan venturi pada karburator, Performance mesin
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Editor FT |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 04:01 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:01 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |