EGA, FERI ROMAWATI (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI HURUF JAWA (AKSARA JAWA) BERBASIS ANDROID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text
lamprian.pdf Download (387kB) |
Abstract
Teknologi android dirancang, memberikan solusi bagi pengguna dalam bentuk akses smartphone. Android merupakan sistem kernel linux, sebuah teknologi yang sangat berkembang pesat, dengan munculnya berbagai versi baru yang dapat diimplementasikan dalam sarana edukasi dalam bidang Pendidikan. Aksara jawa yang pada saat ini mulai jarang digunakan, dan kurang diminati untuk keperluan komunikasi dalam bentuk tulisan. Upaya mengeksistensikan aksara jawa agar tetap di kenal dan di pelajari untuk kalangan umum khususnya untuk siswa - siswi sekolah dasar dengan hal tersebut, Maka objek aksara jawa diangkat dalam penelitian ini dengan tujuan sebagai alat interaksi dan komunikasi dalam bentuk tulisan peninggalan terdahulu, merupakan bagian penting dalam bahasa jawa, yang harus dilestarikan dan di jaga. Teknologi android, salah satu media sarana pembelajaran dalam bentuk aplikasi yang dikembangkan dan diterapkan, yang mudah diakses dalam bentuk smartphone ataupun PC yang memberi informasi seputar edukasi pengenalan aksara jawa. Pengembangan fitur - fitur program aplikasi pengenalan huruf jawa (aksara jawa) memanfaatkan software Eclipse, yang menyediakan pengembangan perangkat lunak meliputi Android (SDK), XML dan Android Development Tools (ADT), dengan bahasa program Java. Penelitian dengan objek aksara jawa yang dirancang meliputi tampilan menu akasara jawa terdiri dari aksara dasar, murdha, swara, angka, rekan, dan sandhangan aksara, hingga terdapat game kekecocokan yang dibuat pada menu pasangan akasara, dalam pembahasannya, dilakukan dengan beberapa tahapan meliputi , pengumpulan data, proses analisa data, desain program, proses koding, pengujian hingga penggunakaan metode waterfall difungsikan sebagai acuan atau tahapan untuk rancangan program menjadi terstruktur, yang memberikan langkah dan solusi tepat dalam perancangan aplikasi. Tahapan akhir pada pengujian aplikasi, menggunakan teknik Black box dilakukan bertujuan, dengan memfokuskan pada keperluan fungsional dari software yang dirancang, sudah sesuai dengan harapan rancangan awal, seperti halnya menguji tampilan menu dan buttom yang ada pada sistem rancangan aplikasi pengenalan aksara jawa, dengan hasil yang dikerjakan sudah sesuai dan valid. Hasil dari beberapa respoden (siswa sekolah dasar) yang sudah belajar dengan aplikasi pengenalan aksara jawa tersebut, menjadi mampu menghafal pasangan akasara jawa, aksara dasar, swara serta tertarik belajar untuk menghafal aksara yang terdapat di aplikasi tersebut, karena game kecocokan yang menumbuhkan minat anak – anak bertujuan mengasah daya ingat pola pikir pada otak, serta tampilan desain yang menarik perhatian. Kata kunci : Android, Aksara jawa, Eclipse, Waterfal, Black Box.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Editor FT |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 03:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 03:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4741 |
Actions (login required)
View Item |