PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA JAWA DI SDN 1 SIDOREJO PONOROGO

FITA, ENDAH EKA KUSUMA WARDANI (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKSARA JAWA DI SDN 1 SIDOREJO PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (475kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam menjadi pola pikir yang modern dengan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi (TI). Berdasarkan pengamatan masih banyak siswa dan siswi yang mengganggap Aksara Jawa sulit dipelajari dari segi lafal maupun bentuknya. Maka dari permasalahan tersebut diperlukan media pembelajaran yang baru untuk pengenalan aksara jawa. Dikarenakan masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang hanya berceramah cenderung kurang interaktif, karena mengenalkan aksara jawa khususnya tiga dimensi membutuhkan visualisasi yang cukup tinggi. Dengan adanya pembelajaran pengenalan aksara jawa yang interaktif salah satu contoh media interaktif masa kini adalah Teknologi Augmented Reality (AR), guru dapat terbantu dalam menyampaikan materi aksara jawa, sehingga siswa lebih tertarik dalam mempelajari aksara jawa .Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam lingkungan nyata. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang akan ditujukan kepada guru SDN 1 Sidorejo Ponorogo sebagai media pembelajaran pengenalan Aksara Jawa untuk siswa siswinya. Kata kunci : Augmented Reality, Aksara Jawa, Android

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:26
Last Modified: 22 Apr 2019 04:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item