PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERPERSPEKSTIF ISLAM RAHMATAN LIL ’ALAMIN ( IRA) : Studi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di SMA Negeri 1 Ponorogo

KASMU’I, KASMU’I (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERPERSPEKSTIF ISLAM RAHMATAN LIL ’ALAMIN ( IRA) : Studi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di SMA Negeri 1 Ponorogo. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kurangnya peran serta pendidikan dalam menerapkan pembelajaran yang terintegrasi di dalam nilai-nilai sikap yaitu; peduli(gotong royong, kerjasama, toleran,damai, dan pentingnya saling menghargai satu sama lain sebagai warga negara Indonesia. Sehingga banyak terjadi kasus perpecahan baik secara internal atau sesama penganut Islam maupun eksternal penganut agama lain, bahkan ada indikasi para pelajar menganut paham radikal. Maka dalam hal tersebut peneliti memberikan judul penelitianya tentang “Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berperspekstif Islam Rahmatan Lil’Alamin : Studi penanaman nilai-nilai Pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat menghasilkan pemahaman tentang bagaimana konsep Islam Rahmatan Lil’alamin (IRA) dalam Studi Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural sekaligus sebagai bentuk antisipasi terhadap maraknya kasus intoleran yang terjadi dikalangan para pelajar.dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berperspekstif Islam rahmatan lil’alamin (IRA). Dalam penelitian ini digunakan metodologi penelitian pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru Pendidikan Agama Islam, guru PPkn, dan juga kepala sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu merupakan penelitian yang dilakukan terhadap suatu “kesatuan sistem” Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa atau sekelompok individu yang terikat oleh tempat, waktu dan ikatan tertentu. Adapun studi kasus dalam hal ini dilakukan oleh penulis di SMA Negeri 1 Ponorogo. Materi hasil interview akan dianalisis dan hasil analisis memunculkan temuan yaitu Konsep Islam Rahmatan Lil’alamin yang diterapkan di SMAN 1 Ponorogo mengacu pada kurikulum 2013 yang di dalamnya memuat capaian pembelajaran yaitu mengamalkan dan menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran,damai), bertanggungjawab, respontif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan alam sekitar, bangsa, negara kawasan regional dan internasional yang berperspektif pada Pendidikan Islam Rahmatan lil alamin. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berperspekstif IRA di SMA Negeri 1 Ponorogo adalah dengan menggunakan pola pembelajaran berbasis kelas, pola pembelajaran berbasis kultural sekolah, pola pembelajaran berbasis komunitas. Kata kunci: SMA Negeri 1 Ponorogo, Pendidikan Agama Islam, Islam Rahmatan Lil’alamin

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:57
Last Modified: 25 Apr 2019 01:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item