MAYASARI, HEVI N (2014) IMPLEMENTASI METODE VAK (VISUAL AUDITORI KINESTETIK) GUNA MENINGKATAKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN MATERI PENEGAKAN HAM ( KELAS X BINA PRESTASI 2 DI MAN 2 PONOROGO TAHUN 2013 / 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ARTIKEL HEVI N MAYA SARI 10311723.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
6.jpg.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
7.pdf Download (745kB) | Preview |
Abstract
Dikelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo selama ini kurang motivasi belajar siswa masih sangat rendah. Dengan dibuktikannya kurangnya motivasi tersebut dalam pembelajaran, seperti perhatian, antusias, dan kemampuan. Siswa cenderung mengantuk saat guru hanya menggunakan metode ceramah, yang mengakibatkan kurangnya motivasi hingga rendahnya nilai pada mata pelajaran PKn. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya adalah dengan menggunakan metode VAK (Visual Auditori Kinestetik). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah Implementasi metode V-A-K (Visual Auditori Kinestetik) mata pelajaran PKn pada materi Penegakan HAM siswa kelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo 2013 / 2014. 2) Bagaimanakah Implementasi metode pembelajaran V-A-K (Visual Auditori Kinestetik) dapat meningkatkan motivasi belajar PKN pada siswa kelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo 2013 / 2014? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Implementasi metodeV-A-K (Visual Auditori Kinestetik) mata pelajaran PKn pada materi Penegakan HAM siswa kelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo tahun 2013 / 2014. 2) Mengetahui implementasi metode pembelajaran V-A-K (Visual Auditori Kinestetik) dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo tahun 2013 / 2014. Dari penelitian tindakan kelas, terdapat peningkatan hasil belajar pada kegiatan pra siklus prosentase ketuntasan hanya 6 siswa yang memenuhi ketuntasan, kemudian meningkat pada kegiatan Siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan 14siswa. Kemudian prosentasi siswa yang memenuhi ketuntasan pada kegiatan siklus II menjadi 20 siswa. Dapat disimpulkan bahwa : motivasi belajar PKn pada siswa kelas X Bina Prestasi 2 MAN 2 Ponorogo tahun 2013 / 2014 . Setelah dilaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan metode pembelajaran V-A-K (Visual Auditori Kinestetik) motivasi pembelajaran siswa mulai ada peningkatan di setiap siklus pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 02 May 2014 03:46 |
Last Modified: | 02 May 2014 03:46 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/485 |
Actions (login required)
View Item |