PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN SWISHMAX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII IPA

Eka , Finnahaniah (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN SWISHMAX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII IPA. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Swishmax Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa SMAMA Kelas XII IPA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI EKA FINNA H..pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Finna, Eka Haniah. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Swishmax Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa SMA/MA Kelas XII IPA”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. H. Sumaji, M.Pd Kata Kunci : Media Pemelajaran, Swishmax, Tranformasi geometri, Dewasa ini, dunia pendidikan telah bayak mengalami perubahan. Perubahan itu merupakan imbas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Dampak dari perubahan tersebut secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dianggap kurang menarik bagi siswa akan tergeser digantikan oleh proses pembelajaran yang lebih menarik dan efisien. Swishmax merupakan salah satu program animasi. Software ini merupakan program untuk mendesain grafis animasi yang sangat populer dan banyak digunakan desainer grafis. Kelebihan Swishmax terletak pada kemampuannya menghasilkan animasi gerak dan suara dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan software animasi yang lain. Tujuan penulisan ini adalah mendesain dan membuat media pembelajaran matematika interaktif dengan swishmax pada materi transformasi geometri untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA. Tranformasi geometri merupakan materi yang membutuhkan visualisasi dalam pemahaman konsepnya. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi tersebut dengan jelas. Untuk mendapatkan produk media pembelajaran yang diinginkan penelitian ini menggunakan metode Sugiyono yang terdiri dari delapan langkah yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) Validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan 8) hasil akhir. Kualitas produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi dosen ahli materi sebesar 80% termasuk dalam kategori sangat baik, validasi oleh dosen ahli media sebesar 86,66 % termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh persentase sebesar 78 %, termasuk kategori cukup valid. Artinya, sebagian besar siswa setuju dengan proses belajar dengan media pembelajaran. Pada penggunaan media pembelajaran transformasi geometri yang dikembangkan, keseluruhan penilaian berdasarkan hasil validasi dosen ahli materi, validasi dosen ahli media, penilaian guru matematika, dan ujicoba kepada siswa kelas siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas XII IPA, memperoleh rata-rata persentase 79% termasuk dalam kategori valid

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2014 01:54
Last Modified: 28 Mar 2014 03:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item