PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMAHAMAN KONSEP GARIS SINGGUNG LINGKARAN SISWA SMP KELAS VIII

TRIYONO, DWI (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMAHAMAN KONSEP GARIS SINGGUNG LINGKARAN SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
cover.dwitriyono.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikel.dwi triyono.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
bab1-5&lampiran.dwitriyono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Untuk mewujudkan pendidikan Matematika yang baik, banyak sekali permasalahan yang harus diselesaikan. Seperti permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kebanyakan guru masih menggunakan metode konvensional yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan proses belajar mengajar Matematika terkesan monoton dan kurang kreatif sehingga siswa kurang mampu menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Proses belajar mengajar Matematika yang monoton dan kurang kreatif, kadang membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Sehingga menyebabkan siswa banyak yang mengantuk pada saat diajar, tidak konsentrasi, ramai sendiri, dll yang mengakibatkan siswa kurang mampu memahami konsep dari materi tersebut. Khususnya pada materi Garis Singgung Lingkaran, dengan adanya aplikasi pemrograman Macromedia Flash 8, materi tersebut akan ditampilkan dengan lebih menarik dan diharapkan siswa bisa memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 untuk pemahaman konsep Garis Singgung Lingkaran siswa SMP kelas VIII. Untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut digunakan delapan tahapan berikut: 1) Identitas kebutuhan dan karakteristik siswa; 2) Perumusan tujuan; 3) Perumusan butir-butir materi; 4) Perumusan alat pengukur keberhasilan; 5) Penulisan Garis Besar Program Media (GBPM); 6) Penulisan naskah/pembuatan media; 7) Tes/uji coba produk; dan 8) Evaluasi dan revisi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil validasi dari segi materi dan pembelajaran sebesar 82,1428 % dan dari segi media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 sebesar 93,1818 %. Sedangkan dari uji coba pengguna diperoleh persentase dari angket sebesar 73,4848 % dan persentase dari tes pemahaman konsep sebesar 81,9090 %. Jadi, media sudah valid dan mampu memahamkan konsep pada materi Garis Singgung Lingkaran karena sudah lebih dari 65%. Dengan demikian media tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Pemahaman Konsep, Garis Singgung Lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 02 May 2014 04:16
Last Modified: 02 May 2014 04:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item